Content Marketing adalah, Definisi dan Manfaatnya

2 min read

pengertian dan manfaat content marketing

Saat ini, semuanya serba digital dan pelaku bisnis pun dituntut untuk terus melakukan metode pemasaran yang inovatif, salah satunya dengan melakukan content marketing. Cara ini terbukti memberikan kesuksesan yang gemilang. Ini termasuk salah satu cara yang paling efektif dan sangat penting dilakukan untuk dapat berkompetisi dalam dunia bisnis tersebut.

Lantas, apa definisi serta manfaatnya bagi perusahaan dan bisnismu? Kali ini MySkill.id akan mengulasnya, simak ya!

1. Definisi Content Marketing

content marketing adalah
Strategi pemasaran melalui konten

Content marketing adalah metode pemasaran digital melalui pembuatan dan distribusi konten dengan maksud menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens. Pemasaran ini melibatkan audiens dalam meningkatkan jumlah klien berdasarkan pembuatan konten yang menarik dan bermanfaat. Cara ini dinilai efektif dalam membangun brand image dan mengembangkan kehadiran sebuah merek. 

Penerapannya dapat membuat perusahaan memenangkan relevansi dan visibilitas online dengan lebih cepat. Hal ini akan membuat audiens lebih mudah mengingat produk tersebut dan perusahaan semakin dikenal. Konten dapat berubah tulisan, gambar, video, atau audio.

Namun, strategi ini membutuhkan target audiens yang jelas. Jadi, perusahaan menentukan siapa target audiens lebih dulu sebelum menjalankannya. Semakin spesifik target audiens, akan semakin mudah membuat konten dan hasilnya juga semakin baik

Baca juga: Ketahui 5 Konten Pilar Sosial Media Ini Supaya Tercipta Konten yang Relevan

2. Manfaat Content Marketing

manfaat content marketing
Perusahaan memperoleh manfaat dari banyak lini

Content marketing dapat membawa pertumbuhan bagi bisnis dan meningkatnya penjualan, apalagi jika pembuatannya tidak sembarangan dan distribusi berjalan dengan baik. Nah, berikut ini manfaat lain dari pemasaran konten: 

a. Menghasilkan Persepsi yang Positif Bagi Perusahaan Dan Produk

Melalui konten yang menarik, informatif dan bermanfaat, kamu akan membantu audiens terkait hal yang mereka butuhkan. Selain itu, peluang bekerjasama dengan pihak lain akan lebih besar karena perusahaan cenderung melakukan kerja sama dengan merek yang sudah dikenal dan memiliki citra positif. 

b. Lebih Dekat Dan Melibatkan Audiens

Jika kamu memberikan sesuatu yang bagus secara konsisten, audiens tidak akan pelit untuk membagikannya kepada teman atau pengikut media sosial mereka. Mereka juga akan meninggalkan komentar dan memberikan reaksi yang baik, hal ini akan menciptakan hubungan yang baik antara perusahaan atau merek dengan audiens. Selain itu, kepercayaan dan loyalitas juga akan terjaga. 

c. Meningkatkan SEO

Pertimbangkan SEO dalam membuat konten karena dapat membantu bisnis lebih sering muncul di mesin pencarian. Gunakan kata kunci alami supaya search engine lebih mudah memahaminya. Jika salah satu grafik atau konten menjadi viral, perusahaan bisa mendapatkan banyak backlink yang berkualitas. 

d. Mengedukasi Audiens

Orang terkadang tidak menyadari apa yang mereka butuhkan dan apakah mereka memiliki masalah. Ketika yang kamu sajikan memberikan informasi untuk mereka, secara tidak langsung itu akan memberikan edukasi, bahkan solusi masalah dan cara kerja suatu hal untuk audiens.  

e. Menghemat Biaya Pemasaran

Pemakaian biaya juga cenderung lebih sedikit daripada pemasaran tradisional. Kamu tidak perlu mencetak poster atau banner dan membagikannya secara manual. Kamu juga tidak perlu membayar iklan televisi atau radio, dan membayar orang ahli lagi untuk membuat iklan.

f. Meningkatkan Pengikut Media Sosial

Biasanya, media sosial menjadi salah satu medium distribusi dan jika menjadi viral atau setidaknya berhubungan dengan isu terkini, audiens akan terus membicarakannya. Jika prospek tersebut terus naik, maka pengikut media sosial pun juga akan mengalami peningkatan. Manfaat lainnya, pengikut akan terus melihat konten mu saat kamu mempostingnya ke media sosial.

Baca juga: Strategi Konten untuk Pemasaran, Ketahui Pengertian, Alasan, Cara Menyusun yang Tepat!

Itulah definisi dan manfaat dari content marketing yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memilih metode apa yang akan kamu gunakan dalam bisnismu nanti. Strategi apa saja yang perusahaan gunakan selalu perlu membutuhkan konsistensi dan usaha yang maksimal agar hasil yang diterima juga sesuai dengan target. Jadi, jangan takut gagal dan setengah-setengah dalam bertindak, ya!

Jika berminat mempelajari ini lebih dalam, bergabunglah dengan MySkill.id! Ada kelas Membuat Strategi Konten Untuk Pemasaran yang bisa kamu ikuti untuk belajar terkait insight dan merancang strategi, pemetaan tahap interaksi audiens, tahapan merancang konten, pengenalan media distribusi dan format konten, serta cara untuk mengevaluasi keberhasilan. Menarik, kan? Yuk, gabung dengan MySkill.id!

Editor: Alwan Kurnia