5 Contoh Copywriting untuk Tingkatkan Penjualan, Seller Olshop Wajib Coba!

Seni berjualan lewat tulisan atau copywriting kini memegang peranan penting bagi seluruh pemilik usaha. Terlebih, perkembangan bisnis online di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Fenomena tersebut mengharuskan para seller untuk lebih cerdas dalam mempromosikan produk mereka.

Tenang, kamu tidak perlu khawatir! Kamu masih bisa bersaing dalam bisnis online, kok. Asal, kamu harus memahami bagaimana teknik menulis copy yang menarik agar jualanmu selalu banjir pesanan.

Nah, berikut adalah 5 strategi sekaligus contoh copywriting yang wajib kamu terapkan pada bisnis online!

1. Copywriting Problem Konsumen

copywriting
Problem konsumen adalah peluang bagi produsen

Apa yang menjadi alasan saat kamu hendak membeli produk skincare? Ya! Pasti karena kamu memiliki masalah dengan kulit wajah, entah itu komedo, jerawat, dan lain-lain.

Siapa sangka, masalah kulit wajah itu bisa kamu manfaatkan sebagai teknik menulis copy yang ampuh, lo! Jutaan orang di luar sana bisa saja mengalami masalah kulit wajah yang solusinya bisa jadi adalah produkmu. Kamu bisa memanfaatkan situasi tersebut untuk promosi produk menggunakan copywriting. Berikut adalah contoh copywriting yang berisi pemaparan problem konsumen.

“Ingin kulit glowing tapi budget pas-pasan? Segera beralih ke serum ABC, skincare aman yang murah tapi bukan murahan!”

Selebihnya, kamu bisa sesuaikan kalimat tersebut dengan target konsumen dan produk jualanmu.

2. Gunakan Headline yang Menarik Perhatian

copywriting
Buat konsumen penasaran melalui headline

Tidak selamanya judul yang clickbait itu buruk, lo! Faktanya, ada beberapa kata kunci yang bisa kamu gunakan pada headline agar copywriting produkmu terlihat lebih menarik. Kata kunci tersebut di antaranya seperti “tips”, “strategi”, “rahasia”, dan lain-lain.

Kamu juga bisa menggunakan angka agar target konsumenmu makin penasaran. Berikut adalah contoh copywriting headline yang bisa kamu terapkan ketika mempromosikan produk.

“7 Rahasia Kulit Glowing Hanya dalam Waktu Seminggu.”

3. Melakukan Soft Selling

copywriting
Soft selling sebagai jurus copywriting

Agar pengunjung e-commerce atau followers media sosialmu tidak bosan dengan iklan setiap hari, soft selling adalah strategi jitu copywriting yang terbukti efektif menurut psikologi.

Hal itu karena soft selling menggunakan pendekatan emosional yang cenderung menarik perhatian audiens. Sebagai contoh, jika kamu menjual produk kecantikan yang berbahan dasar lidah buaya, kamu bisa gunakan contoh copywriting berikut untuk mem-posting konten soft selling.

“Tahukah kamu? Lidah buaya memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan, loh!”

Selanjutnya, di akhir konten kamu bisa menyisipkan promosi seputar produk yang kamu jual.

4. Copywriting Testimoni Konsumen

Testimoni pembeli adalah cara efektif untuk promosi

Membangun kepercayaan pada konsumen adalah hal terpenting dalam berbisnis. Mereka akan mencari tahu kesan orang-orang terhadap produk kamu sebelum memutuskan untuk mencobanya. Tak heran, testimoni adalah jurus copywriting yang banyak digunakan untuk mengambil hati para pelanggan.

Nah, selain mengunggah testimoni dari pembeli, kamu juga bisa menggunakan contoh copywriting berikut agar lebih meyakinkan konsumen.

“10 juta perempuan Indonesia telah merasakan manfaatnya! Kini, giliran kamu yang buktikan!”

5. Pengaruhi Target agar Melakukan Sesuatu

Beli sekarang atau menyesal kemudian

Setelah melakukan berbagai upaya untuk menarik minat konsumen, strategi terakhir yang harus kamu pakai adalah call to action atau memengaruhi target agar benar-benar membeli produk jualanmu.

Berikut adalah contoh copywriting call to action agar target konsumen tidak ragu untuk segera check out jualanmu.

“Tunggu apa lagi? Segera dapatkan produknya sebelum kehabisan!”

“Beli sekarang dan dapatkan diskon 50% tiap pembelian 3 produk!”

“Hanya berlaku hari ini! Beli 3 produk, free voucher belanja senilai 100 ribu rupiah!”

Itulah 5 cara jitu sekaligus contoh copywriting yang wajib kamu terapkan pada bisnis online. Pahami juga 4 Strategi Content Marketing  agar konten pemasaran produkmu semakin berkualitas!

Ingin belajar menulis copy tapi bingung mulai dari mana? Tenang, MySkill.id siap menemani kamu untuk mendalami Strategi Copywriting dalam Pemasaran! Yuk, ikuti kelasnya sekarang!

Editor: Deden Usman Hafidi