Jualan Produk Digital dan Kekurangannya

1 min read

jualan produk digital

Produk digital adalah produk apa pun yang dijual secara online yang tidak memiliki bentuk atau substansi fisik. Menjual produk jenis ini punya segudang keuntungan, salah satunya modal produksi yang lebih rendah daripada produk fisik. Namun, jualan produk digital juga ada kekurangannya, loh!

Oleh karena itu, pebisnis harus menimbang jenis produk apa yang akan mereka jual. Nah, kali ini MySkill.id akan membagikan kekurangan berjualan produk digital supaya dapat menjadi bahan pertimbanganmu yang ingin memulai bisnis. Yuk, simak! 

1. Ide Mudah Ditiru

jualan produk digital
Ide dapat disalin oleh orang lain

Setiap Ide digital product lebih mudah untuk ditiru oleh orang lain daripada produk fisik karena pemasarannya melalui online. Bahkan orang lain dapat menduplikasi dan membagikan produk tersebut tanpa izin terlebih dahulu meskipun seorang pebisnis memiliki penawaran yang unik. 

Ada beberapa cara untuk membatasi hal ini terjadi, seperti memasang lisensi, watermark, menggunakan tautan kadaluarsa, dan menggunakan platform distribusi produk digital yang telah menyediakan fitur keamanan khusus produk. 

2. Kompetitif

jualan produk digital
Pesaing lebih banyak

Menjual produk digital memiliki hambatan masuk yang lebih rendah, seperti mudah untuk melakukan peniruan tadi. Selain itu, keuntungan atau pendapatannya pun terbilang besar dan menjanjikan. Hal ini menyebabkan tingkat kompetisi yang lebih tinggi antara pebisnis karena semakin banyak orang yang terjun ke dalam bidang bisnis ini. 

Bahkan tak jarang pemilik bisnis menjual produk mereka dengan memberikan banyak penawaran harga untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, harus memiliki struktur pemasaran yang kuat agar tidak tersesat dan kalah saing.

 Baca juga: Contoh Produk Digital Paling Populer untuk Bisnismu

3. Membutuhkan Banyak Waktu dan Usaha

kekurangan jualan produk digital
Pengembangan memakan banyak waktu

Untuk mempersiapkan produk ke pasaran membutuhkan perencanaan yang matang dan banyak pengujian. Digital product harus melalui evaluasi dan pemeliharaan secara menyeluruh untuk memastikan kualitasnya telah baik sejak awal.

Hal ini karena kualitas berperan penting untuk memuaskan pelanggan. Jika produk tidak sesuai dengan ekspetasi, pelanggan tidak puas dan kemungkinan hal buruk akan terjadi kedepannya.

4. Biaya Tambahan Lebih Banyak

biaya jualan produk digital
Biaya pengembangan lebih banyak

Ketika berurusan dengan sesuatu yang digital dan online, pebisnis perlu memastikan bahwa server mereka selalu aktif dan berjalan lancar. Jika mengalami kendala, pelanggan harus menunggu sampai sistem menyala atau bahkan tidak jadi membeli produk tersebut. 

Server harus dapat menjadi navigator bagi pembeli yang melibatkan lebih banyak penjelasan dan demonstrasi daripada produk fisik. Oleh karena itu, konsep penjualan produk digital akan melibatkan biaya pemeliharaan yang besar daripada produk fisik untuk memilih bandwidth yang tinggi.

Well, itulah beberapa kekurangan jualan produk digital yang dapat menjadi bahan pertimbanganmu yang ingin memulai bisnis. Dari keempat kekurangan tersebut bahwa segala jenis bisnis harus melalui perencanaan dan pengujian yang matang untuk melihat kemungkinan risiko yang bisa terjadi.

Oleh karena itu, untuk lebih tahu mengenai digital product, kamu bisa bergabung dengan MySkill.id! Ada banyak kelas yang tersedia untukmu, seperti Manajemen Produk Digital dan Manajemen Siklus Produk Digital. Kamu akan belajar tentang proses umum, metode, tools, product life-cycle management, hingga pivot dalam produk digital. Menarik kan? Yuk, gabung MySkill.id!

Editor: Alwan Kurnia