Kenali 5 Sales Community Ini untuk Belajar dan Meningkatkan Kemampuan Marketing

Menjadi seorang sales tidaklah mudah. Memenuhi target penjualan dari perusahaan menjadi kewajiban seorang sales. Buat kamu yang seorang sales atau berkeinginan untuk menjadi salah satunya, bergabunglah ke dalam berbagai komunitas sales atau sales community di internet.

Di dalam komunitas, ada banyak orang yang berpengalaman di bidang sales dan marketing. Mereka nantinya yang akan membimbing kamu agar dapat belajar dan terus meningkatkan kemampuan, loh! Tanpa berlama-lama, yuk kenali 5 sales community dibawah ini!

1. RevGenius

Sales community https://m.facebook.com/revgenius/photos/a.164455465281429/165376898522619/?type=3
Sales community dengan jumlah anggota yang besar

RevGenius merupakan sales community pertama di daftar berikut yang bisa kamu ikuti. Komunitas ini beranggotakan lebih dari 12.000 orang. Mereka semua merupakan orang yang telah berpengalaman di bidang sales dan marketing. Segala macam pertanyaan terkait sales dan marketing pastinya akan terjawab dengan sangat cepat. Jadi, kalau kamu udah bergabung dengan komunitas ini, gak perlu takut untuk bertanya, yah!

Selain itu, seluruh anggotanya juga sering berdiskusi serta berbagi tips dan trik secara rutin. Kerennya lagi, komunitas ini telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan besar, seperti Dooly, Gong, dan Canvas.

Untuk bergabung dengan komunitas ini, kamu tidak membutuhkan biaya sepeserpun. Akan tetapi, RevGenius mematok harga yang cukup tinggi untuk fitur-fitur premium mereka.

2. Sales Hacker

Sales community https://www.saleshacker.com/wp-content/uploads/2017/07/sales-tools.jpg
Komunitas untuk penjualan B2B

Banyak orang menilai sales community ini sebagai komunitas sales dan marketing untuk penjualan B2B terbesar di dunia. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, Sales Hacker mengunggah berbagai topik diskusi terkait penjualan B2B lebih banyak daripada komunitas lainnya.

Penjualan B2B adalah proses transaksi jual beli antara dua perusahaan. Biasanya, proses ini terjadi saat sebuah perusahaan membutuhkan produk atau jasa dari perusahaan lainnya.

3. Thursday Night Sales

Sales community https://www.thursdaynightsales.com/
Live podcast mengenai sales dan marketing

Sales community ketiga di daftar berikut sangatlah unik. Mengapa demikian? Tidak seperti dua komunitas sebelumnya, Thursday Night Sales hadir dalam konsep live podcast tiap Kamis malam.

Kamu tidak bisa mengunggah pertanyaan dan menunggu jawaban dari anggota lainnya dengan sesuka hati. Untuk memberikan pertanyaan, kamu harus menelepon pembawa acara dan menyampaikan pertanyaan secara langsung kepada narasumber yang hadir. Mudahnya, Thursday Night Sales ini bagaikan sebuah seminar, tapi dengan pembawaan acara yang lebih santai.

4. Pavilion

Sales community elit dengan banyak benefit

Sales community yang satu ini merupakan komunitas elit. Selain biaya pendaftaran yang sangat mahal, tidak semua orang bisa mendaftar dan bergabung ke dalam Pavilion. Hal tersebut sebagaimana yang tertulis di situs resmi mereka ‘Pavilion is a private membership for high-growth professionals’.

Terlepas dari kesan elit yang menempel pada komunitas ini, Pavilion memberikan banyak keuntungan kepada anggotanya. Berbagai keuntungan menjadi anggota Pavilion, antara lain pembelajaran secara praktis, relasi baru, pertemuan tatap muka, dan pembinaan secara privat.

Baca juga: Strategi Siklus Hidup Produk Sesuai Tahapannya

5. Bravado

Sales community https://mma.prnewswire.com/media/1313113/Bravado_Logo.jpg?p=facebook
Gak perlu takut rugi bergabung di komunitas ini!

Komunitas ini berdiri pada tahun 2017. Sama seperti Pavilion, Bravado merupakan sales community eksklusif dengan banyak keuntungan bagi anggotanya. Saat ini, Bravado beranggotakan lebih dari 4.000 orang yang tersebar di seluruh dunia. Visi utama dari Bravado adalah membuat sales lebih pintar, bahagia, dan kaya.

Demi menggapai visinya, Bravado benar-benar menuntun dan mengarahkan anggotanya untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan. Selain itu, Bravado juga membantu anggotanya untuk melacak perkembangan diri melalui skor kredibilitas berdasarkan kepuasan pelanggan di perusahaan tempat mereka bekerja.

Baca juga: 5 Teknik Digital Marketing yang Ampuh untuk Memasarkan Produk, Sudah Coba?

Itu dia sedikit penjelasan mengenai sales community dan daftar komunitas yang bisa kamu ikuti untuk belajar dan meningkatkan kemampuan marketing. Jadi, kamu mau gabung komunitas yang mana, nih?

Nah, buat kamu yang ingin mengenal lebih lanjut mengenai Pemasaran Digital dan Strategi Pemasaran Komunitas beserta seluk beluknya, kamu bisa bergabung bersama MySkill.id! Selain itu, ada banyak kelas dan bootcamp menarik lainnya bersama tutor berpengalaman! Tunggu apa lagi? Yuk, segera bergabung bersama MySkill.id!

Editor: Bynta Ayu Hanifa