5 Keunggulan Google Adwords untuk Promosi Bisnis, Sudah Tahu?

2 min read

Google Adwords

Google Adwords atau orang-orang biasa menyebutnya dengan Google Ads adalah salah satu layanan iklan berbayar milik perusahaan Google. Melalui Google Adwords, siapa pun dapat melakukan digital marketing guna menjangkau lebih banyak customer bagi bisnis mereka.

Sayangnya, belum banyak pengusaha yang mengetahui tentang apa saja keunggulan Google Ads ini sebagai media promosi. Padahal, layanan tersebut sangat membantu dalam memperkenalkan suatu produk, jasa, atau UMKM.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami apa saja keunggulan Google Adwords sebagai sarana promosi bisnis. Berikut ini adalah 5 keunggulan dari Google Adwords.

1. Promosi Maksimal dengan Budget Minimal

Google Adwords
Lakukan branding yang efektif sesuai budget

Selama ini, mungkin kamu tidak asing lagi dengan jasa endorsement, entah itu di Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain. Seiring meningkatnya pengguna media sosial, jasa endorsement memang semakin banyak peminatnya.

Tak jarang, para pemilik bisnis rela melakukan endorsement pada artis maupun influencer dengan tarif yang bombastis. Tak peduli produknya laku atau tidak, mereka harus tetap membayar sesuai ketentuan rate card.

Nah, salah satu keunggulan Google Ads sebagai sarana promosi adalah biaya iklan yang menyesuaikan dengan jumlah klik dalam website. Jadi, jika ada yang mengunjungi website milikmu, barulah kamu akan diminta untuk membayar.

Pembayaran iklan Google Ads ini juga menyesuaikan dengan kata kunci atau keyword yang kamu pilih. Semakin tinggi volume pencarian keyword di Google, maka kamu membutuhkan biaya iklan yang semakin mahal pula.

2. Google Adwords Mampu Menjangkau Lebih Banyak Customer

Google Adwords
Dapatkan lebih banyak customer dengan Google Adwords

Hampir semua orang yang terhubung dengan internet, menggunakan Google untuk membantu menemukan solusi atas permasalahan mereka. Tak heran, kalau kamu memanfaatkan Google Adwords sebagai media promosi, orang-orang akan lebih mudah menemukan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

3. Promosi Produk Lebih Tepat Sasaran

Google Adwords
Tayangkan iklan hanya pada target pasar

Jika media sosial dan televisi cenderung menayangkan iklan kepada khalayak umum, Google Ads hanya akan menampilkan iklan kepada seseorang yang berminat dengan topik tersebut.

Sebagai contoh, iklan produk motor hanya akan muncul pada mereka yang melakukan pencarian seputar jual beli motor. Hal ini tentu sangat memudahkan pelaku bisnis dalam memperoleh customer.

Keunggulan Google Ads itu juga meminimalisir adanya skip adsense dari para audience. Efektifnya lagi, kamu dapat mengatur sendiri pada jam berapa iklan bisnismu akan tayang, di daerah mana saja, siapa target pasarnya, dan lain-lain.

4. Bisnis yang Diiklankan Google Adwords Muncul pada Pencarian Teratas

Peringkat teratas memudahkan customer untuk melihat bisnismu

Ketika menggunakan Google Adwords, sistem akan meminta kamu untuk menentukan sebuah keyword. Nantinya, keyword tersebut akan membantu produkmu muncul di peringkat teratas pencarian Google.

Sebagai contoh, jika kamu adalah pemilik Kedai Kopi X yang berlokasi di Jakarta, ketika ada yang melakukan pencarian di Google dengan keyword “kedai kopi di Jakarta”, secara otomatis kedai milikmu akan muncul pada urutan teratas pencarian.

Baca juga: 5 Teknik Digital Marketing yang Ampuh untuk Memasarkan Produk, Sudah Coba?

5. Meningkatkan Brand Awareness Sebuah Produk

Tingkatkan brand awareness dengan Google Adwords

Keunggulan Google Adwords dalam hal promosi bisnis yakni dapat dengan mudah menciptakan brand awareness. Produk atau jasa yang berulang kali muncul di pencarian Google akan semakin berpotensi diingat oleh audience.

Itulah 5 keunggulan Google Adwords sebagai sarana promosi bisnis. Selain Google Ads, kenali juga Google Display Ads yang bisa membuat bisnismu semakin terkenal!

Eits, tapi iklan saja tidak cukup untuk memaksimalkan penjualan produkmu, lo! Perlu pemahaman mengenai strategi yang tepat agar sebuah bisnis mampu bersaing dan terus berkembang.

Untuk itu, asah kemampuan mengelola produkmu dengan mengikuti bootcamp manajemen produk bersama MySkill.id!

Baca juga: Intip 5 Design Tools untuk Digital Marketing yang Mudah untuk Kamu Gunakan!

Editor: Deden Usman Hafidi