Seputar Pegawai Negeri Sipil, Bagian dari Abdi Negara!

Menjadi seorang pegawai negeri sipil merupakan idaman banyak orang. Bagaimana tidak, kalau calon mertua tahu kamu seorang PNS, pasti langsung dapat lampu hijau. Nggak deh, bercanda.

Teman-teman yang masih sekolah atau baru saja lulus, mungkin penasaran PNS itu sebenarnya bagaimana sih. Untuk memenuhi rasa ingin tahu teman-teman, simak artikel MySkill.id yang satu ini ya!

1. Pengertian

pegawai negeri sipil
Pegawai negeri sipil adalah seorang abdi negara

Pegawai negeri sipil (PNS) merupakan bagian dari Aparatur Sipil negara (ASN), seorang warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu dan diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan. Kalian pasti tahu bahwa bekerja sebagai PNS sangat menjadi dambaan bagi banyak orang. 

Kenapa begitu ya? Karena selain gaji pokok, mereka akan memperoleh tunjangan kerja seperti tunjangan anak, istri, dan kinerja. Selain itu, meskipun telah pensiun tetap bakal dapat gaji dari negara. Jaminan-jaminan tersebut yang membuat banyak orang berlomba-lomba mendaftarkan diri. Siapa sih yang nggak mau, betul tidak?

Selain gaji dan tunjangan, PNS berhak mendapatkan fasilitas, waktu cuti, perlindungan, dan pengembangan kompetensi.

2. Kewajiban Seorang Pegawai Negeri Sipil

UU Nomor 15 Tahun 2014 mengatur kewajiban PNS

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara mengatur kewajiban bagi seorang PNS. Beberapa kewajiban tersebut adalah setia dan taat pada Pancasila, UUD 1945, melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran, dan tanggung jawab. Selain itu, PNS harus menunjukkan integritas serta keteladanan. 

Baca juga: 5 Alasan Mengapa PNS Jadi Primadona Masyarakat Sejak Dulu

3. Jalur Pendaftaran

Lulusan SMA juga bisa mendaftar

Untuk menjadi pegawai negeri sipil, seseorang harus mendaftar melalui jalur penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Seleksi CPNS ini dilakukan secara serentak untuk semua formasi. Pasti teman-teman semua tidak asing kan dengan istilah ini? Sering banget menjadi bahan perbincangan dalam forum diskusi online.

Bisa tidak jadi PNS lewat jalur lain? Jawabannya adalah bisa, yaitu melalui jalur sekolah kedinasan. Ada banyak sekolah kedinasan yang tersedia, beberapanya adalah STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), dan lainnya.

Lulus SMA bisa daftar? Tidak hanya menerima lulusan perguruan tinggi yang  mendaftar melalui seleksi CPNS atau sekolah kedinasan, lulusan SMA juga bisa ikut. Saat ini, banyak instansi yang membuka formasi CPNS bagi lulusan SMA/SMK sederajat. Rajin-rajin cek informasinya ya!

4. Alur Seleksi CPNS

skema alur seleksi calon pegawai negeri sipil
Keseluruhan informasi seleksi CPNS tersedia pada laman sscasn.bkn.go.id

Kebutuhan formasi CPNS diumumkan pada waktu tertentu beserta dengan timeline lainnya. Setelah pengumuman dan pendaftaran, ada beberapa tes yang harus kamu lakukan. Tes tersebut mencakup seleksi administrasi, Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Ujian Seleksi Kompetensi Bidang, dan terakhir adalah pengumuman kelulusan.

5. Gaji Pegawai Negeri Sipil

gaji untuk pegawai negeri sipil

Topik yang pasti tidak pernah lupa untuk orang bahas adalah mengenai gaji seorang pegawai negeri sipil. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2019 berisi tentang peraturan gaji seorang PNS. Seorang PNS memperoleh gaji sesuai dengan golongannya (I, II, III, atau IV). 

Berdasarkan peraturan ini, gaji terendah adalah untuk golongan I yaitu sebesar Rp1.560.800 dan gaji tertinggi untuk golongan IV adalah sejumlah Rp5.901.200. Gaji pokok memang tidak besar, yang besar itu tunjangannya. Untuk tunjangan kinerja itu tergantung dari peraturan pemerintah pada kementerian atau lembaga masing-masing.

Itulah sedikit penjelasan seputar pegawai negeri sipil yang dapat MySkill.id jelaskan. Kalau tertarik, boleh deh coba daftar. Persiapkan diri kamu dengan matang karena saingannya banyak banget. Teman-teman yang tahu informasi lain seputar PNS boleh drop di kolom komentar biar saling sharing. Semoga bermanfaat ya!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor: Valentina Yasyfa