5 Pekerjaan Sampingan di Bidang Jasa Untuk Menambah Penghasilanmu

1 min read

Side Hustle atau pekerjaan sampingan menjadi sebuah pekerjaan yang sering dilakukan akhir – akhir ini untuk menambah penghasilan. Banyak sekali jenis pekerjaan di zaman sekarang ini, salah satunya di bidang jasa. Jika dilakukan pencarian lebih lanjut, ternyata banyak sekali pekerjaan di bidang jasa yang tidak mengeluarkan usaha lebih tetapi bisa menambah pemasukan. Seperti menjadi teman curhat dan komen di sosial media.

Berikut adalah pekerjaan sampingan di bidang jasa yang bisa menambah penghasilan kamu!

1. Teman Curhat Bisa Jadi Pekerjaan?

Menjadi teman curhat bisa menambah penghasilan
Menjadi teman curhat bisa menambah penghasilan loh

Pekerjaan sampingan ini merupakan pekerjaan yang paling underrated, di beberapa platform terdapat orang – orang yang menyediakan jasa menjadi teman curhat dengan harga yang sangat murah. Pekerjaan ini bisa jadi sampingan buat kamu untuk menambah pemasukan, apalagi jika kamu orang yang senang mendengar dan memberikan saran.

2. Menulis Artikel

Memanfaatkan kemampuan menulis untuk menambah pemasukan
Memanfaatkan kemampuan menulis untuk menambah pemasukan

Jika kamu memiliki skill untuk menulis artikel yang menarik, kamu bisa menyediakan jasa menulis artikel kepada orang – orang yang ingin menerbitkan artikel di website mereka. Kamu juga bisa mendaftar di platform menulis artikel atau berita seperti IDN Times, LiniMuda, Hipwee dan sejenisnya. Tidak lupa kamu juga bisa mendapatkan bayaran dari tulisan yang kamu buat loh!

3. Jasa Titip

Jasa titip pekerjaan simpel dengan bayaran cukup tinggi
Jasa titip pekerjaan simpel dengan bayaran cukup tinggi

Pekerjaan yang satu ini terkadang memberikan pendapatan yang cukup fantastis. Beberapa orang bahkan bisa menjadikan Jasa Titip sebagai pekerjaan utama mereka. Pekerjaan ini cukup mudah kamu lakukan karena hanya menjadi tempat penitipan barang bagi orang lain. Hal ini sering dilakukan oleh orang yang pergi ke luar negeri. Biasanya mereka akan membuka jasa titip bagi orang yang ingin membeli barang di luar negeri untuk menghindari pajak bea cukai.

4. Desain Grafis

Pekerjaan dengan kreativitas tinggi
Pekerjaan dengan kreativitas tinggi

Menjadi desain grafis tidak hanya bisa menjadi pekerjaan full time, tapi juga menjadi sampingan untuk menambah pemasukan. Biasanya, mereka yang memiliki skill desain grafis sebagai sampingan akan menjadi seorang freelancer dan mengerjakan pekerjaan tertentu saja. Hal ini terbukti menghasilkan cukup banyak uang walaupun hanya sekedar sampinga saja.

5. Membuka kursus

Pekerjaan yang cukup menyenangkan dan santai
Pekerjaan yang cukup menyenangkan dan santai

Pekerjaan sampingan di bidang jasa yang satu ini paling sering dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah pemasukan dengan skill mereka miliki. Membuka kursus untuk anak sekolah atau bahkan untuk teman terbukti menambah pemasukan. Hal ini karena banyak orang di luar sana ingin belajar lebih dalam mengenai sesuatu dengan guru di sekolah atau kampus mereka.

Itu tadi adalah pekerjaan sampingan di bidang jasa yang bisa kamu ikuti untuk menambah pemasukan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman baru di pekerjaan tersebut. Kebanyakan orang tidak ingin mengambil pekerjaan ini karena terlalu sibuk, padahal terkadang memberikan pemasukan lebih tinggi daripada pekerjaan utama mereka. Gimana, Sobat MySkill, apa kamu tertarik?

Baca Juga: Menghadapi Konflik dalam Dunia Kerja, Ini Skill yang Harus Kamu Punya!

Penulis: Rizki Ali Akbar

Editor: Dinan Fuzianti