Peralatan Youtuber Ini Penting Untuk Menghasilkan Konten Terbaik!

2 min read

lighting sebagai peralatan youtuber

YouTube merupakan salah satu platform yang saat ini banyak peminatnya. Entah itu hanya sekedar menonton atau mempublikasikan konten. Demi menunjang kesuksesan, tentu ada peralatan youtuber yang harus kamu miliki.

Peralatan youtuber yang wajib ada itu apa saja? Banyak tidak ya? Apa aku harus punya semuanya? Kamu akan mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan tersebut dalam artikel MySkill.id kali ini. Simak penjelasannya ya!

1. Handphone atau Kamera

kamera sebagai peralatan youtuber utama
Handphone atau kamera berfungsi untuk merekam konten

Batal deh pengen jadi youtuber karena nggak punya kamera. Eitss, jangan salah. Handphone yang kamu miliki sekarang bisa banget digunakan untuk merekam video atau untuk bikin vlog. Apalagi ponsel jaman sekarang sudah canggih-canggih dengan harga yang terjangkau. Tinggal bagaimana kamu mengatur setting resolusi kameranya ya.

Jika sudah dapat penghasilan lebih, boleh tuh kamu menggunakan sedikit uangnya untuk membeli kamera. Yang perlu teman-teman semua ingat adalah semuanya butuh proses, tidak harus langsung punya alat yang paling bagus. Mulai saja secara perlahan dan konsisten. 

2. Microphone

merekam audio dengan microphone
Microphone untuk memperjelas suara

Kenapa penting menggunakan microphone? Peralatan youtuber yang satu ini akan membantu agar audio terdengar dengan baik. Pasti minat penonton jadi berkurang kan kalau kontennya sudah bagus, resolusi mantap, tapi audionya nggak kedengaran. Iya nggak sih? Tidak perlu menggunakan microphone yang mahal. Ada kok yang harganya lebih murah dan terjangkau misalnya clip on atau shotgun mic

Sebenarnya, kalau kamu baru saja memulai karir sebagai youtuber pemula, it’s okay kalau belum mempunyai microphone. Tinggal sesuaikan saja suara kamu dan noise dari lingkungan sekitar, jangan sampai mengganggu audio dari videonya. Suara yang jernih bikin penonton nyaman mendengar.

3. Laptop atau Komputer,

laptop
Laptop sebagai alat untuk mengedit video

Dua perangkat ini memang penting untuk memfasilitasi kamu dalam mengedit video. Umumnya anak muda jaman sekarang sudah memiliki laptop ya, jadi kamu bisa memanfaatkannya. Sesuaikan dulu dengan kemampuan yang ada. Kalau tidak punya laptop? Bisa edit video melalui handphone dulu ya. Ada banyak kok aplikasi editing video yang tersedia.

4. Software, Peralatan Youtuber Untuk Editing

software sebagai peralatan youtube di bidang editing
Menyunting video melalui aplikasi editing gratis atau berbayar

Kalau videonya sudah ada, tahap selanjutnya adalah menyunting video. Selain sunting video, software juga bisa menambahkan background music atau thumbnail. Sudah banyak tersedia software editing, ada yang gratis atau berbayar tapi tidak perlu yang mahal-mahal banget. Kemudian, tinggal pilih mana yang kamu sukai dan ingat, sesuaikan dengan budget

5. Memori yang Cukup

memori
Pastikan kapasitas handphone atau kamera mencukupi

Mau itu handphone atau kamera, pastinya harus punya memori yang cukup. Pasti tidak ingin kan lagi proses perekaman video eh tiba-tiba ada notifikasi “your storage is full” kalau di handphone atau video yang terekam hanya setengah ketika shooting dengan kamera. Alhasil harus take ulang video lagi, deh.

6. Koneksi Internet

papan free wifi
Pastikan memakai provider atau sinyal wifi yang kencang

Koneksi internet lambat ketika mau upload video? Ini salah satu yang bikin gemes sendiri ya. Jadi, usahakan kamu memilih provider kartu atau wifi yang sinyalnya oke dan kencang. Ini salah satu tahap terakhir dan penting banget.

7. Monopod, Tripod, atau Stabilizer Kamera

tripod kamera dan laptop
Alat ini berfungsi untuk memastikan video tidak goyang

Monopod berfungsi seperti tongsis yang memiliki satu kaki, ringan, dan biasanya lebih fleksibel. Sementara tripod adalah alat berkaki tiga untuk meletakkan kamera atau handphone, sehingga lebih kokoh daripada monopod. Untuk stabilizer kamera, umumnya akan kamu gunakan dalam merekam video yang objeknya bergerak. Ketiga alat ini akan membantu agar video yang dihasilkan tidak goyang.

8. Lighting, Peralatan Youtuber Tambahan

lighting sebagai peralatan youtube
Kalau belum punya lighting yang memadai, bisa pakai ring light

Pencerahan akan kamu butuhkan jika merekam video indoor. Fungsinya adalah untuk menghilangkan “bagian gelap” dari ruangan atau studio yang kamu gunakan. Jadi, hasil videonya otomatis akan lebih bagus. Boleh banget beli ring light yang banyak tersedia pada berbagai online marketplace ya. Jikalau shooting videonya outdoor, maka cahaya matahari adalah sumber yang dapat kamu manfaatkan.

Itulah 8 peralatan youtuber yang penting untuk kamu persiapkan. Jika kamu ingin menjadi YouTube content creator, mulai dari  yang basic aja dulu tidak apa-apa, nanti baru perlahan-lahan membeli yang lebih advance ya. Pelan-pelan, it takes time. Apakah penjelasan artikel kali ini membantu teman-teman semua? Atau ada peralatan lain yang belum tersebutkan? Boleh banget kasih sarannya ya!

Pengen jadi youtuber? Content creator? Perlu banget kan yang namanya belajar dan upgrade skill. Bingung mau belajar di mana? MySkill.id dong! Di sini kita punya kelas Memulai Jadi Youtuber ala Gita Savitri. Siapa sih yang nggak tau Kak Gita? Di kelas ini, kita akan sharing tentang perjalanan membuat konten, ide dan gaya tersendiri, serta tips membuat konten yang apik. Mari bergabung!

Editor: Valentina Yasyfa