Saat ini, social media marketing telah menjadi pilihan bagi banyak perusahaan sebagai media untuk memasarkan dan mengembangkan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Akan tetapi, banyak dari mereka yang mengalami kegagalan. Untuk membantumu mengatasi permasalahan tersebut, MySkill.id telah merangkum 5 langkah mudah untuk menyusun strategi social media marketing! Tanpa berlama-lama, yuk langsung aja masuk ke topik pembahasan!
1. Lakukan Analisis secara Mendalam
Langkah pertama yang wajib kamu lakukan saat menyusun strategi social media marketing adalah melakukan analisis secara mendalam. Analisis tersebut dapat memiliki beragam bentuk, salah satunya adalah riset persona pembeli.
Kamu bisa memulai riset dengan menanyakan dua buah pertanyaan sederhana kepada dirimu sendiri, yaitu kelompok mana yang ingin kamu jadikan konsumen dan apa alasannya. Nantinya, kamu bisa mengembangkan pertanyaan tersebut untuk mendapatkan hasil analisis yang lebih mendalam.
Selain itu, kamu juga harus melakukan analisis terhadap para pesaingmu. Dengannya, kamu bisa mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka sehingga mampu menghasilkan strategi media sosial yang efektif.
2. Tentukan Media Sosial dan Target Capaian
Ketika kamu telah membulatkan tekad untuk menggunakan social media sebagai sarana marketing, tentunya kamu juga sudah memiliki gambaran mengenai media sosial apa yang ingin kamu pakai, kan? Namun sebelum memulai aktivitas marketing-mu, kamu harus menentukan arah, tujuan, serta tolok ukur keberhasilannya terlebih dahulu. Hal tersebut akan memudahkanmu dalam proses evaluasi di masa mendatang.
Oiya, kamu bisa menggunakan metode Spesific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Time-bound (SMART) untuk membantumu dalam menentukan tujuan dan tolok ukur keberhasilannya.
3. Buatlah Konten Semenarik Mungkin
Pertumbuhan media sosial marketing yang begitu cepat tidak lantas membuat persaingan bisnis semakin mudah. Hal tersebut malah membuat banyak perusahaan berbondong-bondong untuk turut serta berkompetisi dalam laga tersebut.
Agar kamu dapat memukul telak pesaing bisnismu, kamu harus memiliki strategi social media marketing yang tepat, salah satunya adalah dengan membuat konten yang menarik dan unik. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kontenmu sarat akan nilai dan dapat membawa manfaat kepada konsumen! Selain itu, kamu juga wajib memikirkan bagaimana caranya agar konten-kontenmu mampu menghasilkan banyak engagement.
Baca juga: 6 Contoh Content Marketing untuk Meningkatkan Strategi Bisnismu!
4. Atur Jadwal Unggahan dengan Seksama
Setelah membuat konten yang menarik dan unik, kamu harus mengunggahnya dengan seksama dan teratur. Untuk memahami hal ini, mari menengok kembali ke langkah pertama. Pada langkah pertama, kamu telah melakukan analisis mendalam mengenai calon pelanggan, kan? Dari hasil analisis tersebut kamu bisa mengetahui prime time dari setiap media sosial.
Kita ambil contoh Instagram. Kebanyakan penggunanya membuka media sosial ini pada pukul 11.00 WIB – 13.00 WIB dan 19.00 WIB – 21.00 WIB. Waktu-waktu tersebut adalah prime time dari Instagram dan menjadi momen yang sangat tepat untuk mengunggah sebuah konten.
Baca juga: Ketahui 4 Digital Marketing Strategy Framework Ini untuk Merencanakan Bisnis!
5. Pantau dan Optimalkan Strategimu
Setelah mengunggah konten marketing-mu, langkah terakhir yang wajib kamu lakukan adalah memantau perkembangannya. Gunakan tolok ukur yang telah kamu buat sebelumnya untuk mengidentifikasi apakah kontenmu sudah mencapai target atau belum. Kalau belum, kamu bisa mengevaluasi kembali konten tersebut dan mengoptimalkannya di kemudian hari.
Baca juga: 4 Keahlian Content Writer yang Wajib Kamu Miliki, Bisa Jadi Expert!
Nah, itu dia 5 langkah mudah untuk menyusun strategi social media marketing! Buat kamu yang masih kepo gimana sih caranya Membuat Strategi Sosial Media yang baik, efektif, dan tepat sasaran, kamu bisa bergabung bersama MySkill.id! Selain itu, MySkill.id juga memiliki berbagai kelas dan bootcamp menarik mengenai Strategi Konten untuk meningkatkan kualitas kontenmu, loh! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera bergabung bersama MySkill.id!
Editor: Bynta Ayu Hanifa