5 Teknik Digital Marketing yang Ampuh untuk Memasarkan Produk, Sudah Coba?

2 min read

Teknik digital marketing

Saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan transaksi jual beli secara daring dan cashless karena lebih praktis. Hal tersebut menjadi peluang besar bagi para pengusaha untuk memasarkan produk mereka secara digital. Tapi, kalian tahu gak kalau sebenarnya ada beberapa teknik digital marketing yang ampuh banget untuk memasarkan produk dan menggaet lebih banyak pembeli?

Banyak pengusaha yang sudah menerapkan beberapa teknik digital marketing. Sayangnya, teknik yang mereka gunakan tidak terlalu ampuh. Alih-alih mendatangkan keuntungan, mereka justru tekor karena harus mengeluarkan biaya pemasaran yang besar tiap bulannya. Kalian gak mau menjadi salah satunya, kan? Jadi, baca artikel ini dengan seksama, yah!

1. E-mail Marketing

Teknik digital marketing https://www.pexels.com/photo/193003/
Gratis tapi gak main-main

Inilah dia teknik pertama yang bisa kalian pakai untuk digital marketing. Teknik ini juga masih menjadi yang paling populer di kalangan para pengusaha. Banyak ahli menganggap e-mail marketing merupakan teknik digital marketing gratis yang paling ampuh sejagat dunia maya.

Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, e-mail bisa membantu kalian untuk menjaga hubungan baik dengan klien. Selain itu, kalian juga bisa memberikan berbagai penawaran terbaik untuk pelanggan setia tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Keren banget gak, sih?

2. Social Media Marketing

Teknik digital marketing https://www.pexels.com/photo/607812/
Cocok buat kalian yang gak punya toko fisik

Kalau kalian pengusaha yang tidak memiliki toko fisik dan hanya bergantung pada situs e-commerce dalam memasarkan produk, teknik yang satu ini tentu saja sangat cocok untuk kalian. Ada banyak media sosial yang bisa kalian gunakan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain-lain. Jadi, kalian gak perlu bingung mau pake aplikasi yang mana, yah!

Selain itu, dengan teknik social media marketing kalian bisa berkomunikasi langsung dengan calon pembeli. Hal tersebut tentunya menjadi nilai tambah yang tidak bisa kalian dapatkan jika menggunakan teknik lainnya, loh!

3. Search Engine Optimization

Harus pintar mengolah keyword, nih!

Search Engine Optimization (SEO) bertujuan untuk mengoptimalkan situs yang kalian miliki. Pengoptimalan tersebut dapat meningkatkan peluang munculnya situs kalian di berbagai mesin pencari, seperti Google, Yahoo!, dan Bing.

Sudah banyak situs jual beli terkenal yang menggunakan teknik ini untuk menggaet calon pembeli dan mendapatkan banyak keuntungan darinya. Kalau gak percaya, kalian bisa melakukan riset mandiri untuk membuktikannya.

Last but not least, SEO sangat berkaitan dengan keyword. Artinya, kalian harus benar-benar memahami dan Mengenal Search Engine Optimization serta mengetahui cara mengolah keyword yang baik dan benar agar dapat mengoptimalkan situs kalian dengan maksimal.

4. Video Marketing

Teknik digital marketing https://www.pexels.com/photo/34407/
Manfaatkan Youtube untuk memasarkan produk

Siapa aja yang suka nonton Youtube saat lagi nyantai? Siapa yang menyangka kalau kalian bisa menggunakan situs berbagi video terbesar di dunia ini sebagai teknik digital marketing yang ampuh banget dan memiliki prospek menggaet calon pembeli yang tinggi?

Kalian dapat mengunggah berbagai video berisi informasi menarik mengenai produk yang kalian jual dan memadukannya dengan menggunakan teknik SEO copywriting untuk menulis detail produk di kolom deskripsi sehingga mampu menggaet lebih banyak calon pembeli.

Baca juga: 5 Tips untuk Menyusun Digital Marketing Frameworks! Pengusaha Wajib Tahu!

5. Paid Search Advertising

Teknik digital marketing https://www.pexels.com/photo/6348124/
Yang berbayar tentu saja lebih menguntungkan

Seperti namanya, teknik ini mengharuskan kalian untuk mengeluarkan biaya. Berbeda dengan beberapa teknik di atas yang bisa kalian lakukan secara cuma-cuma, paid search advertising sangatlah ampuh dan dapat membuat angka penjualan kalian meroket tajam. 

Akan tetapi, teknik ini dapat membuat kalian terlilit hutang di saat yang hampir bersamaan, loh! Maka dari itu, sebelum menggunakan teknik ini sebaiknya kalian harus mampu untuk mengelola keuangan dengan baik. Mempekerjakan seorang ahli juga bisa menjadi pilihan jika masih ragu dengan kemampuan kalian dalam mengelola keuangan.

Baca juga: Pemasukan Bisnis Gak Akan Tersendat! Ketahui 5 Langkah Membuat Revenue Model!

Sebelum menggunakan beberapa teknik digital marketing yang ampuh banget di atas, sebaiknya kalian Mengenal Digital Marketing Framework terlebih dahulu untuk membantu dan memudahkan kalian dalam memasarkan produk serta menggaet lebih banyak calon pelanggan. Jadi, tunggu apalagi? Ayo segera bergabung bersama MySkill.id!

Editor: Bynta Ayu Hanifa