5 Tips Mahir Excel Bagi Pemula, Kamu Harus Tahu!

1 min read

Mahir dalam mengoperasikan Microsoft Excel merupakan salah satu hal krusial di era digital. Kebutuhan untuk menganalisis dan mengolah data menjadi titik awal dari maraknya penggunaan Excel. Tak hanya mempermudah pekerjaan dalam mengolah data, Excel juga dapat memberikan keuntungan dalam mempersingkat waktu pengerjaan. Jobseeker pasti sering menemukan kualifikasi kerja di mana harus terampil menggunakan Excel, kan

Untuk mahir dalam menggunakan Excel, Sobat MySkill.id harus memiliki keinginan dan upaya lebih dalam mewujudkannya. Nah, apa saja sih hal yang perlu Sobat MySkill.id lakukan supaya mahir dalam mengoperasikan Excel? Yuk, simak 5 tips berikut ini!

1. Mau Mahir Excel? Buat Layoutmu Tertata Rapi!

Semakin rapi layout, semakin semangat bekerja.
Semakin rapi layout, semakin semangat bekerja.

Pertama-tama, kuasai cara untuk membuat lembar kerja atau layout tertata rapi dan enak untuk dibaca. Hal ini memang cukup sepele namun penting untuk kamu yang ingin mahir Excel. Saat lembar kerjamu sudah tertata rapi, semangat untuk menyelesaikan pekerjaan dijamin meningkat deh.

Tools yang perlu kamu pelajari di antaranya adalah format cell, pengaturan margin, mewarnai latar, menggabungkan sel, hingga conditional formatting

2. Kuasai Rumus-rumus Umum yang Sering Digunakan!

Mahir Ms Excel https://www.pexels.com/photo/photo-of-people-near-wooden-table-3183156/
Pahami rumus-rumus excel yuk?

Mahir menggunakan Excel berarti juga paham cara mengoperasikan rumus-rumus di dalamnya. Rumus fungsi Excel berguna dalam memudahkan kita untuk menampilkan dan mengevaluasi data menjadi lebih terstruktur. Ketika dihadapkan dengan banyak data, opsi rumus ini akan sangat berguna untuk membuat cara kerjamu lebih efisien.

Pahami rumus fungsi Excel seperti; IF, SUM, Count, CountA, CountIF, SumIF, VLookUp, Round, Trim, Proper, Upper, Lower, dan rumus Excel lainnya. 

Baca juga: 5 Teknik Copywriting yang Baik untuk Content Marketing, Kamu Harus Coba!

3. Gunakan Keyboard Shortcut

Shortcut keyboard untuk Excel.
Shortcut keyboard untuk Excel.

Penggunaan Excel memudahkan pekerjaan dalam mengolah data menjadi lebih cepat dan menghemat waktu. Keyboard shortcut ini akan semakin memudahkan kamu dalam mengoperasikan Excel. Bayangkan saja, saat sudah menguasai rumus dan fungsi Excel, kamu bisa lebih menghemat waktu dengan menggunakan keyboard shortcut. Terampil dan efisien!

Baca juga: Mempersiapkan Karier Profesional dengan MySkill.id!

4. Practice makes perfect, Ayo Terus Beratih Hingga Mahir Menggunakan Excel!

Latih, latih, dan latih!

Setiap skill memerlukan banyak latihan agar terus berkembang. Begitu pula dengan keterampilan menggunakan Excel. Sama seperti belajar bahasa asing, perlu upaya dan latihan secara berkala supaya tidak lupa dengan tips yang sudah pernah kamu praktikkan sebelumnya.

Oleh karena itu, meskipun kamu membaca panduan dan menonton video tutorial Excel namun tidak pernah dipraktikkan secara langsung, maka akan sia-sia! Yuk, semangat untuk menggali potensi dan mengembangkan keterampilan diri!

5. Ikuti Mini Bootcamp Excel Advance dari MySkill.Id

Ikut kelas Excel buat belajar bareng expert!

Sobat MySkill.id, belajar secara mandiri memang bukan suatu hal yang buruk. Namun, belajar bersama seorang expert yang ahli di bidang Excel akan sangat membantu kamu untuk cepat mahir dalam skill yang satu ini.

Kamu seorang pemula namun ingin mahir Excel hanya dalam waktu 2 hari? Bisa! Mini Bootcamp Excel Advance hadir sebagai solusinya. Kamu akan mendapat materi dengan rincian sebagai berikut:

  • Pivot table
  • Data validation and conditional formating
  • Advance functions (Indirect, Offset, Address, Sumproduct, etc)
  • What-if anaylisis
  • How to do Macros
  • Study Case

5 tips mahir di atas akan segera terwujud jika kamu memulainya dari sekarang. Jadi, tunggu apalagi? Segera amankan slotmu dan bersiap untuk mahir Excel bersama MySkill.id!

Editor: Intan Aulia Husnunnisa