YouTube Ads adalah: Definisi dan Jenisnya

YouTube awalnya adalah platform video, tetapi berkembang menjadi mesin pencari, menjadi ladang bisnis, dan memiliki jumlah traffic terbanyak setelah Google. Kini semakin banyak iklan yang berlalu lalang di YouTube, tidak membuat risih, tetapi ini justru bisa menguntungkan. Nah, jika kamu ingin mengiklankan bisnis, YouTube Ads akan jadi cara yang tepat.

Untuk kamu yang masih bingung terkait layanan iklan ini, harap tenang karena MySkill.id akan memberikan pencerahan untukmu. Simak ulasan ini, ya!

1. Apa itu Youtube Ads?

youtube ads adalah
Layanan periklanan Youtube

YouTube Ads adalah cara untuk mengiklankan video pada YouTube yang dilakukan melalui Google Ads guna memaksimalkan jangkauan penonton. Iklan muncul sebelum video mulai, sesudah menonton, atau muncul melalui hasil pencarian untuk ditonton secara penuh. Google kini telah melakukan perubahan yang memungkinkan pengiklan menjangkau lebih banyak penonton dengan 50% penayangan pada YouTube. 

Selain itu, pengiklan dapat menargetkan penonton berdasarkan riwayat pencarian, seperti menargetkan iklan pada pengguna yang baru-baru ini menelusuri topik tertentu. Jika konten iklan berkaitan dengan penelusuran yang telah pengguna cari, pengguna cenderung akan menonton keseluruhan iklan atau mengunjungi situsnya.

Baca juga: Berapa Gaji Youtuber Pemula? Ini Perhitungannya!

2. Jenis YouTube Ads

jenis youtube ads
Berdasarkan minat dan kesadaran merek

Ada beberapa jenis iklan pada YouTube yang terbagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok iklan berdasarkan minat pengguna dan iklan untuk membangun kesadaran merek. Iklan berdasarkan minat pengguna antara lain, iklan jenis TrueView Instream dan TrueView Discovery. Sedangkan iklan berdasarkan tujuan kesadaran merek adalah iklan TrueView, Bumper Ads, Outstream Video, iklan Reservation 15/20, dan Masthead.

Supaya kamu tidak bingung, berikut ini penjelasan singkatnya jenis YouTube Ads

  • TrueView – Iklan yang muncul sebelum video dan pengguna bisa melewatinya. 
  • Bumper – Iklan memiliki dampak signifikan karena tidak dapat di-skip selama enam detik. 
  • Outstream – Pengguna bisa melewati iklan ini jika sudah berjalan selama 20 detik. 
  • Reservation 15/20 –  Iklan ini tidak boleh dilewati, durasinya antara 15 sampai 20 detik.
  • Masthead – Iklan yang muncul pada beranda selama 24 jam dengan menyertakan spanduk dan CTA.
  • TrueView Instream – Iklan yang berjalan sebelum, selama, atau setelah video, dan pengguna bisa mengeklik skip jika terlalu lama.. 
  • TrueView Discovery – Iklan yang muncul pada hasil penelusuran dan beranda YouTube.

Baca juga: 4 Tips Meniti Karier sebagai YouTuber Gaming

Pengiklan bisa memilih jenis iklan sesuai dengan kebutuhan dan jenis produk. Jadi, perlu menimbang beberapa jenis iklan untuk melihat akan sejauh mana iklan berdampak pada produk . 

Nah, itulah panduan singkat mengenai YouTube Ads. Jadi, YouTube Ads adalah cara untuk mengiklankan video pada YouTube yang dilakukan melalui Google Ads guna memaksimalkan jangkauan penonton. Iklan bisa Platform ini sendiri memiliki hampir 2 miliar pengunjung setiap bulan, dengan beragam jenis iklan YouTube yang bisa kamu pilih sebagai alat yang ampuh untuk menjangkau banyak orang, loh!

Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai pemasaran digital melalui kelas Tutorial Online Marketing yang ditawarkan oleh MySkill.id. Melalui kelas tersebut kamu bisa mengikuti e-learning terkait dasar dari YouTube Ads, Facebook dan Google Ads, serta Google Analytics. Jadi tunggu apa lagi? Segera, join MySkill.id ya!

Editor: Alwan Kurnia