Cara Custom Domain Google Sites untuk Pemula!

Menggunakan Google Sites adalah salah satu cara yang paling mudah untuk membuat situs web, terutama bagi pemula yang tidak memiliki pengalaman dalam pengkodean atau desain web. Namun, ketika kita membuat situs web menggunakan Google Sites, alamat situs webnya akan memiliki format yang panjang dan kurang profesional, seperti sites.google.com/view/nama-situs. Untuk membuat situs web kita terlihat lebih profesional, kita dapat menggunakan custom domain, seperti www.namasitus.com. Artikel ini akan menjelaskan cara melakukan custom domain Google Sites dengan langkah-langkah yang mudah dipahami.

Langkah 1: Persiapkan Domain

Langkah pertama adalah memilih dan membeli domain yang ingin kita gunakan untuk situs web kita. Banyak penyedia domain yang tersedia di internet, seperti GoDaddy, Namecheap, atau Google Domains. Setelah kita membeli domain, kita perlu mengonfigurasikan DNS untuk mengarahkan domain tersebut ke Google Sites.

Langkah 2: Konfigurasi DNS

Setelah kita membeli domain, kita perlu mengonfigurasi DNS agar domain tersebut mengarah ke situs web Google Sites kita. Langkah ini melibatkan penambahan atau perubahan rekaman DNS pada pengaturan domain kita.

  1. Masuk ke akun penyedia domain kita dan temukan pengaturan DNS atau pengelolaan DNS.
  2. Tambahkan rekaman CNAME baru dengan nilai ghs.googlehosted.com atau ikuti instruksi yang diberikan oleh Google untuk menentukan nilai CNAME yang tepat untuk situs web kita.

Langkah 3: Tambahkan Domain ke Google Sites

Setelah konfigurasi DNS selesai, kita perlu menambahkan domain ke situs web Google Sites kita.

  1. Buka Google Sites dan buka situs web yang ingin kita custom domain-kan.
  2. Pilih “Pengaturan” atau “Manage Site” dari menu.
  3. Di bawah bagian “Custom URLs”, klik “Add a custom URL”.
  4. Masukkan domain yang telah kita beli dan dikonfigurasi DNS-nya, kemudian klik “Next”.
  5. Ikuti instruksi untuk memverifikasi kepemilikan domain. Ini mungkin melibatkan menambahkan kode verifikasi ke DNS atau file HTML di situs web kita.

Langkah 4: Aktifkan Custom Domain

Setelah domain berhasil diverifikasi, kita dapat mengaktifkan custom domain untuk situs web kita.

  1. Kembali ke menu “Pengaturan” atau “Manage Site” di Google Sites.
  2. Di bawah bagian “Custom URLs”, pilih domain custom yang baru kita tambahkan.
  3. Aktifkan opsi “Redirect to this custom URL”.
  4. Klik “Save”.

Langkah 5: Tunggu Propagasi DNS

Setelah mengaktifkan custom domain, tunggulah beberapa saat untuk propagasi DNS. Ini bisa memakan waktu hingga 24-48 jam sebelum domain kita secara penuh mengarah ke situs web Google Sites.

Setelah propagasi DNS selesai, situs web kita akan dapat diakses melalui custom domain yang baru kita tambahkan. Sekarang, situs web kita akan terlihat lebih profesional dan mudah diingat bagi pengunjung. Dengan langkah-langkah yang sederhana ini, kita dapat mengubah situs web Google Sites menjadi situs web yang lebih profesional dan terlihat lebih menarik dengan custom domain.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan