Cara Downgrade WordPress ke Versi Sebelumnya dengan Mudah: Panduan Lengkap

Ketika menggunakan WordPress, terkadang kita mungkin perlu untuk melakukan downgrade ke versi sebelumnya karena alasan tertentu, seperti masalah kompatibilitas dengan tema atau plugin. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah cara melakukan downgrade WordPress dengan mudah, baik secara manual maupun menggunakan plugin.

Persiapan Cara Downgrade Versi WordPress

Sebelum memulai proses downgrade, ada beberapa persiapan yang perlu kita lakukan:

  1. Backup Website: Pastikan untuk membuat backup lengkap dari website kita, termasuk file dan database, untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.
  2. Catat Informasi Penting: Pastikan kita mencatat informasi penting seperti username dan password untuk login ke hosting dan akun WordPress.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Cara Downgrade WordPress Manual

1. Nonaktifkan Semua Plugin

Langkah pertama adalah nonaktifkan semua plugin yang sedang aktif pada website WordPress kita. Hal ini dapat dilakukan melalui dashboard WordPress dengan masuk ke menu “Plugins” dan menonaktifkan semua plugin secara keseluruhan.

2. Download WordPress Versi Lama

Selanjutnya, kita perlu mendownload versi WordPress yang kita inginkan untuk di-downgrade. Kita dapat mengunduh versi WordPress yang diinginkan dari situs resminya di wordpress.org.

3. Akses File Manager cPanel

Setelah mendownload versi WordPress yang diinginkan, kita perlu masuk ke akun hosting kita melalui cPanel dan akses File Manager.

4. Upload dan Ekstrak File WordPress Versi Lama

Upload file WordPress versi lama yang telah kita unduh sebelumnya ke direktori root website kita melalui File Manager cPanel. Setelah di-upload, ekstrak file tersebut.

5. Overwrite WordPress dengan Versi Sebelumnya

Selanjutnya, kita perlu menimpa atau overwrite file-file yang ada di website kita dengan file dari versi WordPress yang diinginkan.

6. Update Database WordPress

Terakhir, kita perlu menjalankan pembaruan database WordPress dengan mengakses website kita melalui browser. WordPress akan mendeteksi perubahan versi dan melakukan pembaruan database secara otomatis.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Cara Downgrade WordPress menggunakan Plugin

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan plugin WP Downgrade:

1. Download dan Install Plugin WP Downgrade

Unduh dan instal plugin WP Downgrade melalui dashboard WordPress kita. Aktifkan plugin setelah instalasi selesai.

2. Jalankan WP Downgrade untuk Downgrade WordPress Version

Setelah plugin diaktifkan, masuk ke menu “Settings” dan pilih opsi “WP Downgrade”. Di sini, kita dapat memilih versi WordPress yang ingin kita downgrade dan klik tombol “Save Changes”.

Alasan Downgrade WordPress ke Versi Sebelumnya

Ada beberapa alasan mengapa kita mungkin perlu melakukan downgrade WordPress, seperti masalah kompatibilitas dengan tema atau plugin tertentu, atau ketika versi terbaru mengalami masalah kinerja atau keamanan.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Cara Downgrade WordPress Sangat Mudah, kan?

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat dengan mudah melakukan downgrade WordPress ke versi sebelumnya, baik secara manual maupun menggunakan plugin. Pastikan untuk selalu melakukan backup sebelum melakukan perubahan signifikan pada website kita. Semoga panduan ini bermanfaat untuk kita dalam mengelola website WordPress kita!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan