Cara Import Database MySQL di phpMyAdmin dengan Mudah

Pendahuluan:

Memindahkan atau mengimpor database MySQL adalah langkah penting dalam pengelolaan dan pengembangan situs web. Bagi para profesional muda yang baru terjun ke dunia pengembangan web, mempelajari cara melakukan impor database dengan tepat merupakan keterampilan yang sangat berharga. Dalam artikel ini, Kita akan membahas langkah-langkah lengkap untuk mengimpor database MySQL menggunakan phpMyAdmin dengan mudah dan efisien.

Langkah-langkah:

1. Buka phpMyAdmin:

Langkah pertama adalah membuka phpMyAdmin, yang biasanya dapat diakses melalui panel kontrol hosting atau alamat URL langsung. Setelah masuk, Kita akan melihat antarmuka phpMyAdmin yang terdiri dari daftar database di sebelah kiri dan berbagai tab di bagian atas.

2. Pilih Database Tujuan:

Di panel sebelah kiri, Kita akan melihat daftar database yang tersedia. Pilihlah database tempat Kita ingin mengimpor data baru. Klik pada nama database tersebut untuk memilihnya.

3. Pilih Tab ‘Impor’:

Setelah memilih database tujuan, pergilah ke tab ‘Impor’ di bagian atas antarmuka phpMyAdmin. Tab ini akan membawa Kita ke halaman di mana Kita dapat mengunggah file SQL yang ingin diimpor.

4. Pilih File untuk Diimpor:

Di bagian bawah halaman ‘Impor’, akan ada area di mana Kita dapat memilih file SQL yang ingin diimpor. Klik pada tombol ‘Pilih Berkas’ atau seret dan lepaskan file SQL Kita ke area yang ditunjukkan.

5. Atur Opsi Impor (Opsional):

phpMyAdmin memberikan beberapa opsi tambahan yang dapat diatur sesuai kebutuhan Kita sebelum memulai proses impor. Misalnya, Kita dapat memilih untuk mengabaikan baris duplikat, menentukan karakter set, atau mengatur batasan waktu.

6. Mulai Impor:

Setelah memilih file dan mengatur opsi impor, Kita siap untuk memulai proses impor. Klik pada tombol ‘Go’ atau ‘Mulai’ untuk memulai proses. phpMyAdmin akan mulai membaca dan mengimpor file SQL yang telah dipilih.

7. Tunggu Hingga Selesai:

Proses impor dapat memakan waktu tergantung pada ukuran dan kompleksitas file SQL yang diimpor. Tunggu hingga phpMyAdmin menyelesaikan proses impor. Kita dapat melihat kemajuan proses di bagian bawah halaman.

8. Verifikasi dan Periksa Database:

Setelah proses impor selesai, pastikan untuk memverifikasi bahwa database telah diimpor dengan benar. Kita dapat melakukan ini dengan memeriksa tabel dan data di dalamnya untuk memastikan bahwa semuanya berada di tempatnya.

Kesimpulan:

Mengimpor database MySQL menggunakan phpMyAdmin adalah proses yang cukup sederhana dengan langkah-langkah yang tepat. Dengan mengikuti panduan di atas, Kita dapat dengan mudah mengimpor data ke database MySQL Kita dan melanjutkan pengembangan atau pemeliharaan situs web Kita tanpa hambatan. Ingatlah untuk selalu membuat cadangan data sebelum melakukan impor untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan