Cara Install Kali Linux di Komputer

Kali Linux adalah distribusi Linux yang dikembangkan khusus untuk keperluan keamanan komputer dan pengujian penetrasi. Instalasi Kali Linux dapat menjadi langkah pertama menuju pemahaman yang lebih dalam tentang keamanan komputer dan pengujian penetrasi. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara menginstal Kali Linux di komputer:

1. Persiapkan Perangkat dan File ISO:
Pertama, kita perlu menyiapkan perangkat yang akan diinstal dengan Kali Linux, seperti laptop atau PC. Selanjutnya, unduh file ISO Kali Linux dari situs web resminya. Pastikan untuk memilih versi yang sesuai dengan arsitektur perangkat kita (32-bit atau 64-bit).

2. Persiapkan Media Bootable:
Setelah mendownload file ISO, kita perlu membuat media bootable seperti USB flash drive atau DVD. Kita dapat menggunakan utilitas seperti Rufus atau Etcher untuk membuat media bootable dengan file ISO yang sudah kita unduh sebelumnya.

3. Boot dari Media Bootable:
Selanjutnya, kita perlu boot komputer kita dari media bootable yang sudah kita buat. Untuk melakukannya, masukkan USB flash drive atau DVD ke komputer dan restart komputer. Pastikan untuk mengatur urutan boot di BIOS atau UEFI sehingga komputer boot dari media bootable tersebut.

4. Mulai Instalasi:
Setelah komputer berhasil boot dari media bootable, pilih opsi “Install” dari menu boot Kali Linux yang muncul. Ini akan memulai proses instalasi Kali Linux di komputer kita.

5. Pilih Bahasa dan Lokasi:
Selanjutnya, kita akan diminta untuk memilih bahasa yang ingin digunakan selama proses instalasi dan lokasi geografis kita. Pilihlah opsi yang sesuai dengan preferensi dan lokasi kita.

6. Konfigurasi Jaringan:
Di langkah ini, kita akan diminta untuk mengkonfigurasi jaringan. Kita dapat memilih untuk menggunakan koneksi internet saat instalasi atau melakukannya nanti setelah instalasi selesai.

7. Partisi Disk:
Selanjutnya, kita akan diminta untuk memilih metode partisi disk. Kita dapat memilih opsi “Use Entire Disk” untuk menggunakan seluruh ruang kosong pada disk atau memilih opsi “Manual” untuk membuat partisi disk secara manual.

8. Konfigurasi Pengguna dan Kata Sandi:
Setelah melakukan partisi disk, kita akan diminta untuk membuat akun pengguna dan kata sandi. Isilah informasi yang diminta sesuai dengan preferensi kita.

9. Tunggu Proses Instalasi Selesai:
Proses instalasi Kali Linux akan memakan waktu beberapa saat tergantung pada spesifikasi komputer kita dan kecepatan media bootable. Tunggulah hingga proses instalasi selesai.

10. Selesai dan Restart:
Setelah proses instalasi selesai, kita akan diberi opsi untuk me-restart komputer. Pilih opsi tersebut untuk me-restart komputer dan mulai menggunakan Kali Linux.

Dengan mengikuti panduan di atas, kita dapat menginstal Kali Linux di komputer kita dengan mudah dan cepat. Setelah terinstal, kita siap untuk menjelajahi fitur-fitur keamanan dan pengujian penetrasi yang disediakan oleh Kali Linux.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan