Cara Install Moodle di VPS Ubuntu dalam 7 Langkah

Pendahuluan

Moodle adalah platform pembelajaran online yang populer digunakan di berbagai lembaga pendidikan dan organisasi. Jika kita ingin menggunakan Moodle untuk kebutuhan pendidikan atau pelatihan kita, menginstalnya di Virtual Private Server (VPS) Ubuntu adalah langkah yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara instal Moodle di VPS Ubuntu dalam 7 langkah yang mudah diikuti.

Langkah 1: Persiapan Awal

Sebelum memulai instalasi Moodle, kita perlu melakukan beberapa persiapan awal. Pastikan VPS Ubuntu kita sudah terhubung dan memiliki akses root. Selain itu, pastikan juga bahwa semua paket dan repositori sistem telah diperbarui dengan perintah sudo apt update dan sudo apt upgrade.

Langkah 2: Instalasi Apache dan PHP

Langkah berikutnya adalah menginstal server web Apache dan PHP di VPS Ubuntu kita. Kita dapat melakukannya dengan menjalankan perintah sudo apt install apache2 php libapache2-mod-php php-mysql.

Langkah 3: Instalasi MySQL

Moodle membutuhkan basis data MySQL atau MariaDB untuk menyimpan data. Kita bisa menginstal MySQL dengan perintah sudo apt install mysql-server. Setelah instalasi selesai, kita perlu menjalankan skrip keamanan MySQL dengan sudo mysql_secure_installation untuk mengamankan instalasi MySQL kita.

Langkah 4: Pengaturan Basis Data untuk Moodle

Selanjutnya, kita perlu membuat basis data dan pengguna khusus untuk Moodle di MySQL. Kita dapat melakukannya dengan masuk ke shell MySQL dengan perintah sudo mysql -u root -p dan menjalankan perintah SQL berikut:

CREATE DATABASE moodle DEFAULT CHARACTER SET utf8mb4 COLLATE utf8mb4_unicode_ci;
CREATE USER 'moodleuser'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password';
GRANT ALL PRIVILEGES ON moodle.* TO 'moodleuser'@'localhost';
FLUSH PRIVILEGES;
EXIT;

Pastikan untuk mengganti ‘password’ dengan kata sandi yang kuat.

Langkah 5: Unduh dan Instal Moodle

Sekarang saatnya untuk mengunduh dan menginstal Moodle. Unduh paket terbaru dari situs resmi Moodle dengan perintah sudo wget https://download.moodle.org/download.php/latest/ -O moodle-latest.tgz. Selanjutnya, ekstrak paket tersebut dengan sudo tar xzf moodle-latest.tgz -C /var/www/html/.

Langkah 6: Konfigurasi Moodle

Setelah berhasil diekstrak, kita perlu melakukan konfigurasi Moodle. Buka browser dan kunjungi alamat IP VPS Ubuntu kita, lalu ikuti instruksi instalasi Moodle yang muncul. Pada tahap ini, kita akan diminta untuk mengkonfigurasi koneksi basis data dan beberapa pengaturan lainnya.

Langkah 7: Akses Moodle melalui Browser

Terakhir, setelah menyelesaikan konfigurasi, kita dapat mengakses Moodle melalui browser dengan memasukkan alamat IP VPS Ubuntu kita di bilah alamat. Kita akan diarahkan ke halaman masuk Moodle, dan kita bisa masuk sebagai administrator untuk mulai mengelola situs Moodle kita.

Kesimpulan

Menginstal Moodle di VPS Ubuntu tidaklah sulit jika kita mengikuti langkah-langkah yang tepat. Dengan melakukan persiapan awal, menginstal server web dan basis data, mengunduh dan mengkonfigurasi Moodle, kita dapat memiliki platform pembelajaran online yang kuat dan stabil untuk kebutuhan pendidikan atau pelatihan kita. Semoga panduan ini bermanfaat bagi kita yang ingin memulai menggunakan Moodle di VPS Ubuntu.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan