Cara Install phpMyAdmin di Ubuntu Server dalam 6 Langkah Mudah

phpMyAdmin adalah salah satu alat manajemen basis data MySQL yang paling populer dan sering digunakan. Memasangnya di server Ubuntu memberikan akses mudah untuk mengelola basis data MySQL melalui antarmuka web yang ramah pengguna. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menginstal phpMyAdmin di server Ubuntu.

Langkah 1: Memastikan Repositori Ubuntu Terupdate

Sebelum memulai instalasi phpMyAdmin, pastikan repositori Ubuntu sudah terupdate dengan menjalankan perintah berikut di terminal:

sudo apt update

Langkah 2: Instalasi phpMyAdmin

Untuk menginstal phpMyAdmin, jalankan perintah berikut di terminal:

sudo apt install phpmyadmin

Selama proses instalasi, sistem akan meminta kita untuk memilih server web yang kita gunakan. Pilihlah server web yang sedang berjalan di server Ubuntu kita, misalnya Apache atau Nginx.

Langkah 3: Konfigurasi phpMyAdmin

Setelah instalasi selesai, phpMyAdmin perlu dikonfigurasi agar dapat diakses melalui web browser. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka file konfigurasi Apache dengan perintah:
sudo nano /etc/apache2/apache2.conf
  • Tambahkan baris berikut ke bagian akhir file:
Include /etc/phpmyadmin/apache.conf
  • Simpan perubahan dengan menekan Ctrl + X, kemudian tekan Y untuk menyimpan, dan Enter untuk konfirmasi.

Langkah 4: Restart Server Web

Setelah konfigurasi selesai, restart server web dengan menjalankan perintah:

sudo systemctl restart apache2

Langkah 5: Mengakses phpMyAdmin

phpMyAdmin sekarang sudah terinstal dan dapat diakses melalui web browser. Ketikkan alamat IP server di browser, diikuti dengan /phpmyadmin, seperti contoh berikut:

http://alamat-ip-server/phpmyadmin

Langkah 6: Masuk dan Mengelola Basis Data

Ketika halaman login phpMyAdmin muncul, masukkan nama pengguna dan kata sandi MySQL untuk masuk ke antarmuka phpMyAdmin. Setelah berhasil masuk, kita dapat mulai mengelola basis data MySQL seperti membuat, mengedit, dan menghapus basis data serta tabel.

Kesimpulan

Dengan mengikuti panduan ini, kita telah berhasil menginstal phpMyAdmin di server Ubuntu dengan mudah dan cepat. phpMyAdmin akan menjadi alat yang sangat berguna dalam mengelola basis data MySQL kita secara efisien melalui antarmuka web yang ramah pengguna. Pastikan untuk menjaga keamanan server dengan memperbarui dan mengamankan instalasi phpMyAdmin secara teratur.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan