Cara Membuat Elevator Pitch Singkat tapi Memikat dan Contohnya

Definisi Elevator Pitch

Elevator pitch adalah presentasi singkat yang dirancang untuk memberikan gambaran singkat namun menarik tentang diri kita, proyek, atau ide bisnis kita dalam waktu singkat yang sebentar, sekitar 30 hingga 60 detik, sebagaimana kita akan lakukan jika bertemu dengan seseorang penting di dalam lift.

Isi Elevator Pitch

  1. Pengenalan Diri: Mulailah dengan menyebutkan nama kita dan latar belakang singkat kita, seperti profesi atau bidang keahlian kita.
  2. Tujuan: Jelaskan dengan jelas apa tujuan kita dalam membuat elevator pitch ini. Apakah kita mencari kesempatan kerja, mencari investor untuk proyek kita, atau sekadar memperkenalkan diri kita?
  3. Penjelasan Singkat: Jelaskan ide, proyek, atau layanan kita dengan singkat dan jelas. Fokus pada nilai tambah atau keunikan yang kita tawarkan.
  4. Keunggulan: Jelaskan apa yang membuat kita atau proyek kita berbeda dari yang lain. Sebutkan keahlian, pengalaman, atau pencapaian yang relevan.
  5. Panggilan untuk Tindakan: Sebuah elevator pitch yang baik harus mengarah pada tindakan selanjutnya. Ajukan pertanyaan atau saran tentang bagaimana lawan bicara kita bisa berkolaborasi dengan kita atau mengambil langkah berikutnya.

Contoh Elevator Pitch

Contoh 1:
“Kita adalah seorang desainer grafis dengan pengalaman lebih dari lima tahun di industri ini. Kita memiliki keahlian dalam menciptakan identitas merek yang kuat dan kreatif. Saat ini, kita sedang mencari kesempatan untuk bergabung dengan tim yang inovatif dan dinamis di mana kita dapat menggunakan keterampilan desain grafis kita untuk menciptakan solusi yang menginspirasi.”

Contoh 2:
“Kita adalah pendiri sebuah startup teknologi yang membangun aplikasi mobile untuk membantu pengguna mengelola keuangan mereka secara lebih efisien. Aplikasi kita telah menerima tanggapan positif dari pengguna dan kita saat ini mencari investor yang tertarik untuk bergabung dengan kita dalam memperluas jangkauan kita.”

Dengan mempersiapkan elevator pitch yang baik dan memikat, kita dapat dengan mudah memperkenalkan diri kita atau proyek kita dengan singkat dan jelas kepada orang-orang yang kita temui. Practice makes perfect!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan