Cara Membuat Halaman di Microsoft Word dengan Mudah

Meski populer sebagai aplikasi pengolah kata, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara membuat halaman di Microsoft Word. Seperti diketahui, banyak dokumen yang dapat kita olah dengan menggunakan aplikasi ini. Selain dokumen standar, dokumen-dokumen penting semacam karya ilmiah, skripsi, jurnal, ataupun karya-karya lain semisal draf novel atau cerpen, dapat kita buat di sini. Bicara dokumen-dokumen di atas, terutama saat membuat skripsi atau karya ilmiah, kita membutuhkan halaman. Halaman ini diperlukan agar seseorang tidak kebingungan ketika mengakses poin tertentu di dalam skripsi yang kita buat.

Nah, untungnya, Microsoft Word sudah memiliki fitur yang dapat membantu kita membuat halaman di dokumen yang kita buat. Lalu, bagaimana cara membuat halaman di Microsoft Word? Glints akan menjelaskan caranya kepadamu.

Cara Membuat Halaman di Microsoft Word
  1. Buka Dokumen Word
  • Mulailah dengan membuka dokumen Word yang ingin kita gunakan. Jika belum ada dokumen, kita dapat membuat dokumen baru.

2. Pergi ke Tab “Layout”

  • Di bagian atas layar, temukan dan pilih tab “Layout.” Di dalam tab ini, kita akan menemukan berbagai opsi terkait tata letak dokumen.

3. Pilih “Page Number” untuk Menambahkan Nomor Halaman

  • Cari menu “Insert” di dalam laman Word kamu, lalu cari pilihan “Page Number.” Saat menemukan menu itu, kita akan diberikan beberapa pilihan, seperti “Top of Page” (nomor di atas dokumen), “Bottom of Page” (nomor di bawah dokumen), atau “Margin Page” (nomor di samping kiri/kanan dokumen). Pilih yang paling cocok dengan kebutuhanmu.

4. Mengatur Format dan Font Nomor Halaman

  • Untuk menentukan format halaman, buka menu “Insert” lagi, cari menu “Page Number,” dan pilih “Format Page Number.” Di sana, kita dapat menentukan apakah format nomor menggunakan nomor biasa, huruf, atau angka Romawi. Sementara itu, untuk menentukan font nomor halaman, arahkan pointer mouse ke nomor itu dan pilih “Edit Footer.” Lalu, pilih jenis dan ukuran font yang diinginkan.
Mengatur Halaman di Word
  1. Mengatur Format Halaman Berbeda
  • Bagi yang mengerjakan skripsi atau jurnal ilmiah, cara membuat halaman di Microsoft Word amat diperlukan. Untuk melakukannya, kunjungi halaman terakhir dari section yang akan dibagi. Pilih menu “Page Layout,” lalu pilih “Breaks” dan ambil pilihan “Next Page.” Halaman selanjutnya akan berada pada section yang berbeda. Setelah membagi section, nonaktifkan “Link to Previous” dan atur format halaman sesuai kebutuhan.

2. Membuat Nomor Tidak Muncul di Halaman Pertama

  • Dalam beberapa kasus, kita mungkin tidak membutuhkan nomor halaman di halaman pertama, terutama saat itu adalah cover dokumen. Dengan melakukan langkah tertentu, kita bisa menghilangkan nomor pada halaman pertama. Jika diperlukan, kita bisa menambahkan informasi lain pada header atau footer.

3. Membuat Nomor Halaman Ganjil dan Genap Berbeda Posisi

  • Saat ingin mencetak dokumen secara bolak-balik, kita pasti membutuhkan nomor halaman berada dalam posisi berbeda. Kita bisa melakukannya dengan menuju tab “Design” dan mencentang “Different Odd & Even Pages.”

Itulah informasi tentang cara membuat halaman di Microsoft Word yang bisa kita terapkan saat mengolah dokumen. Tidak sulit bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat halaman dengan mudah dan mengatur format dokumen sesuai kebutuhan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan