Cara Membuat Kartu Nama Digital dari Google QR Code

Sekilas tentang Kartu Nama Digital

Kartu nama digital atau elektronik adalah cara baru untuk memperkenalkan diri secara online. Di era digital ini, menggunakan kartu nama digital dianggap lebih mudah dibandingkan menggunakan kartu nama konvensional. Tujuan kartu nama digital tidak jauh berbeda dengan kartu nama konvensional, yaitu untuk membantu kita terhubung dengan lebih banyak calon klien, mitra, dan rekan kerja. Biasanya, kartu nama digital dicantumkan di bagian akhir email bersamaan dengan signature. Sehingga, penerima email dapat menemukannya dengan mudah. Kartu nama digital bisa berupa desain kartu nama konvensional yang dicantumkan di dalam email. Namun, saat ini banyak yang menggunakan QR code agar informasi yang tercantum dalam kartu nama tersebut dapat disimpan dengan mudah.

Cara Membuat Kartu Nama dari Google QR Code

  1. Buka laman Google QR Code

Pertama-tama, bukalah laman Google QR Code. Kemudian, lakukan sign in untuk membuat profil di laman ini. Dengan membuat profil, semua QR code yang kita buat di laman ini akan tersimpan. Sehingga kita bisa mengakses dan mengeditnya kapan saja ketika dibutuhkan.

  1. Pilih generate dan contact

Setelah sign in, pilih generate pada menu di sebelah kiri. Ada beberapa pilihan QR code yang bisa kita buat berdasarkan informasi atau data yang akan kita jadikan QR code. Untuk membuat kartu nama digital, pilihlah contact.

  1. Isi informasi kontak yang diinginkan

Setelah memilih menu contact, kita bisa langsung mengisi informasi-informasi apa saja yang menurut kita penting dari sebuah kartu nama. Selain nomor HP dan alamat email, kita juga bisa menambahkan data-data yang sekiranya penting seperti nomor telepon kantor, hingga URL menuju website pribadi atau portofolio kita.

  1. Tes QR code yang telah dibuat

Sebelum menyimpan QR code yang telah kita buat, kita harus memastikan bahwa QR code tersebut dapat berjalan dengan lancar. Untuk itu, cobalah meng-scan QR code yang telah kita buat. Jika QR code tersebut dapat berjalan dengan semestinya, kita bisa menyimpannya.

  1. Simpan dan download QR code

Setelah semua informasi yang akan disimpan dalam QR code telah benar, kita bisa menyimpannya. Terdapat beberapa pilihan piksel untuk QR code yang kita buat. Setelah memilih ukuran piksel yang diinginkan, kita bisa langsung menyimpan dan mendownloadnya. QR code ini bisa kita cantumkan dalam email, resume, bahkan CV kita. Pastikan juga untuk menyertakan penjelasan singkat tentang apa yang akan diperoleh dari memindai kode tersebut agar informasi yang terkandung tidak terlewatkan.

Nah, itu dia cara membuat kartu nama digital dengan Google QR Code. Selain tips di atas, tentunya ada banyak sekali tools dalam dunia kerja yang bisa kita eksplor lebih jauh.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan