Cara Membuat Server Minecraft di VPS dan PC Sendiri

Minecraft adalah permainan sandbox yang populer di kalangan gamer di seluruh dunia. Salah satu fitur terbaik dari Minecraft adalah kemampuannya untuk dimainkan dalam mode multiplayer, yang memungkinkan pemain untuk bermain bersama teman-teman mereka dalam lingkungan yang sama. Bagi Kita yang ingin memiliki kendali penuh atas server Minecraft Kita sendiri, baik itu di VPS atau PC pribadi, berikut adalah panduan lengkapnya:

1. Pilih Platform Hosting:
Pertama, Kita harus memilih apakah Kita ingin menjalankan server Minecraft di VPS atau PC Kita sendiri. VPS adalah pilihan yang baik jika Kita menginginkan kinerja yang stabil dan dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet.

2. Persiapkan Lingkungan:
Jika Kita memilih untuk menggunakan VPS, Kita perlu memilih penyedia layanan VPS, mendaftar untuk akun, dan membuat instansinya. Pastikan untuk memilih spesifikasi yang memadai untuk kebutuhan server Minecraft Kita, seperti kapasitas CPU, RAM, dan penyimpanan.

3. Instalasi Java:
Minecraft menjalankan servernya menggunakan Java, jadi pastikan Kita menginstal Java Development Kit (JDK) di server Kita. Ikuti petunjuk instalasi untuk distribusi Linux yang Kita gunakan di VPS Kita.

4. Unduh dan Instal Server Minecraft:
Setelah Java terinstal, Kita perlu mengunduh file server Minecraft dari situs resminya. Selanjutnya, ekstrak file tersebut dan buat folder baru di VPS Kita untuk menyimpan server Minecraft.

5. Konfigurasi Server:
Setelah menginstal server Minecraft, Kita perlu mengkonfigurasi berbagai pengaturan, seperti nama server, jumlah pemain maksimum, dan mode permainan. Ini dapat dilakukan dengan mengedit file server.properties yang ada di folder server Minecraft Kita.

6. Jalankan Server:
Sekarang Kita siap untuk menjalankan server Minecraft Kita. Gunakan perintah terminal untuk menjalankan file server.jar yang ada di folder server Minecraft Kita. Pastikan untuk memeriksa outputnya untuk memastikan tidak ada kesalahan.

7. Konfigurasi Firewall:
Jika Kita menggunakan VPS, pastikan untuk mengonfigurasi firewall untuk memungkinkan akses ke port yang digunakan oleh server Minecraft (biasanya port 25565). Hal ini akan memastikan bahwa pemain dapat terhubung ke server Kita.

8. Undang Teman:
Sekarang server Minecraft Kita telah berjalan, Kita dapat mengundang teman-teman Kita untuk bergabung dengan server Kita. Berikan mereka alamat IP atau nama host server Kita sehingga mereka dapat terhubung.

9. Pertahankan Server:
Terakhir, pastikan untuk mempertahankan server Minecraft Kita dengan melakukan pembaruan rutin, memantau kinerjanya, dan membuat cadangan data secara teratur untuk menghindari kehilangan data.

Dengan mengikuti panduan ini, Kita dapat dengan mudah membuat dan mengelola server Minecraft Kita sendiri di VPS atau PC pribadi Kita. Selamat bersenang-senang bermain Minecraft bersama teman-teman Kita!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan