Cara Membuat Website Sekolah dengan Mudah dan Biaya Rendah

Membuat website sekolah bukan lagi sesuatu yang sulit atau mahal. Dengan bantuan platform dan alat yang tepat, kita bisa membuat website sekolah sendiri dengan mudah dan biaya yang rendah. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi langkah-langkah untuk membuat website sekolah yang profesional tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Cara Membuat Website Sekolah: Apa Saja yang Dibutuhkan?

Sebelum kita mulai, kita perlu memastikan bahwa kita memiliki semua yang diperlukan untuk membuat website sekolah:

  1. Domain: Ini adalah alamat unik di internet yang akan menjadi identitas website sekolah kita.
  2. Web Hosting: Tempat di internet di mana website sekolah kita akan disimpan dan diakses oleh pengunjung.
  3. SSL Certificate: Memastikan keamanan dan enkripsi data pengguna yang mengunjungi website kita.
  4. WordPress: Platform manajemen konten yang memungkinkan kita membuat dan mengelola website dengan mudah.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Cara Membuat Website Sekolah Sendiri

  1. Install WordPress: Banyak penyedia web hosting menyediakan fitur pemasangan WordPress dengan sekali klik, membuat proses ini cepat dan mudah.
  2. Masuk ke Dashboard WordPress: Setelah WordPress terpasang, kita dapat masuk ke dashboard untuk mulai mengatur tampilan dan konten website.
  3. Mengubah Tampilan Website: Pilih tema yang sesuai dengan identitas sekolah kita, atau gunakan tema bawaan WordPress yang sudah ada.
  4. Menambahkan Fitur: Instal plugin-plugin yang diperlukan untuk menambahkan fitur-fitur seperti formulir kontak, kalender acara, dan galeri foto.
  5. Buat dan Atur Urutan Halaman: Buat halaman-halaman seperti “Tentang Kami”, “Kurikulum”, dan “Kontak”, lalu atur urutannya sesuai kebutuhan.
  6. Tentukan dan Atur Halaman Utama: Pilih halaman mana yang akan menjadi halaman utama atau beranda website sekolah kita.
  7. Jangan Lupa Optimasi Website: Pastikan website kita dioptimalkan agar loadingnya cepat dan ramah mesin pencarian.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca Graphic Designer di sini.

Manfaat Memiliki Website Sekolah

  1. Sebagai Profil Sekolah: Website dapat menjadi profil sekolah yang menampilkan informasi tentang sejarah, visi-misi, dan fasilitas yang dimiliki.
  2. Media Publikasi: Website dapat digunakan sebagai media publikasi untuk menginformasikan kegiatan dan prestasi sekolah kepada masyarakat luas.
  3. Sarana Pengumuman kepada Para Murid: Dengan adanya website, sekolah dapat dengan mudah mengumumkan jadwal ujian, kegiatan ekstrakurikuler, dan informasi penting lainnya kepada para murid dan orang tua.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Buat Website Sekolah Sekarang!

Dengan langkah-langkah di atas, kita bisa membuat website sekolah sendiri dengan mudah dan biaya yang rendah. Manfaat memiliki website sekolah sangat besar dalam meningkatkan kredibilitas sekolah kita dan memperluas jangkauan komunikasi dengan masyarakat. Jadi, tidak ada salahnya untuk segera memulai pembuatan website sekolah kita sendiri!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan