Cara Memindahkan Website dari Subfolder ke Domain Utama

Ketika kita mengembangkan situs web, sering kali kita memulai dengan menempatkan situs web dalam subfolder di dalam domain utama. Namun, ketika situs tersebut siap untuk diluncurkan secara resmi, kita perlu memindahkannya dari subfolder ke domain utama. Proses ini mungkin terdengar menantang, tetapi sebenarnya bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana dan efisien. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melakukan pemindahan tersebut.

1. Persiapkan Hosting dan FTP Client:
Pastikan kita memiliki akses ke hosting situs web dan sebuah FTP client seperti FileZilla untuk mengelola file situs web kita.

2. Backup Situs Web:
Sebelum memulai proses pemindahan, sangat penting untuk membuat salinan cadangan situs web kita. Ini akan melindungi data kita jika terjadi masalah selama proses pemindahan.

3. Pindahkan File ke Direktori Root:
Gunakan FTP client untuk memindahkan semua file dan folder dari subfolder ke direktori root utama. Pastikan untuk mempertahankan struktur file dan folder yang tepat.

4. Update Konfigurasi Situs:
Jika situs kita menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla, atau Drupal, kita perlu memperbarui konfigurasi situs untuk mencerminkan perubahan tersebut. Ini mungkin melibatkan mengubah URL situs di pengaturan administratif atau memperbarui file konfigurasi seperti wp-config.php.

5. Periksa Tautan dan Gambar:
Pastikan untuk memeriksa semua tautan dan gambar di situs web kita setelah pemindahan. Kita perlu memastikan bahwa semua tautan mengarah ke URL yang benar dan semua gambar dimuat dengan baik.

6. Uji Situs Web:
Sebelum mengumumkan pemindahan situs, uji situs web secara menyeluruh untuk memastikan semuanya berfungsi seperti yang diharapkan. Pastikan semua halaman dapat diakses dengan benar dan tidak ada kesalahan yang muncul.

7. Perbarui Peta Situs (Jika Diperlukan):
Jika kita menggunakan peta situs untuk membantu mesin pencari mengindeks situs kita, pastikan untuk memperbarui peta situs dengan URL yang baru.

8. Periksa Pengalihan URL:
Jika kita telah menetapkan pengalihan URL dari situs lama ke situs baru, pastikan pengalihan tersebut berfungsi dengan benar. Ini akan memastikan bahwa pengunjung yang mengakses situs lama akan dialihkan secara otomatis ke situs baru.

9. Umumkan Pemindahan:
Setelah semua langkah di atas selesai dan situs telah diuji dengan baik, kita dapat mengumumkan pemindahan situs kepada pengguna dan pelanggan kita.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan cermat dan hati-hati, kita dapat dengan lancar memindahkan situs web dari subfolder ke domain utama tanpa mengalami kerusakan atau gangguan yang signifikan. Pastikan untuk melakukan pemantauan setelah pemindahan untuk memastikan bahwa situs berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah yang muncul.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan