Cara Memperbaiki ERR_CONNECTION_TIMED_OUT

ERR_CONNECTION_TIMED_OUT adalah salah satu pesan kesalahan umum yang dapat muncul saat kita mencoba mengakses sebuah situs web. Pesan ini menunjukkan bahwa browser tidak dapat menghubungi server situs web dalam waktu yang ditentukan. Ini bisa menjadi masalah yang menjengkelkan, tetapi dengan beberapa langkah sederhana, kita dapat mencoba memperbaikinya sendiri.

Apa itu ERR_CONNECTION_TIMED_OUT?

ERR_CONNECTION_TIMED_OUT adalah pesan kesalahan yang muncul ketika browser tidak dapat membuat koneksi dengan server situs web dalam waktu yang ditentukan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk masalah jaringan, konfigurasi browser, atau masalah pada server situs web itu sendiri.

Penyebab ERR_CONNECTION_TIMED_OUT

Beberapa penyebab umum dari ERR_CONNECTION_TIMED_OUT antara lain:

  1. Masalah Jaringan: Koneksi internet yang tidak stabil atau lambat dapat menyebabkan pesan kesalahan ini.
  2. Konfigurasi Firewall: Firewall yang terlalu ketat bisa memblokir koneksi ke server situs web.
  3. Server Tidak Responsif: Server situs web mungkin mengalami masalah atau tidak merespons permintaan koneksi.
  4. Masalah DNS: Masalah dengan pengaturan DNS atau cache DNS yang ketinggalan bisa menyebabkan kesalahan ini.
  5. Masalah Browser: Beberapa pengaturan atau ekstensi di browser Anda mungkin menyebabkan kesalahan ini.

Cara Memperbaiki ERR_CONNECTION_TIMED_OUT

  1. Periksa Koneksi Internet: Pastikan koneksi internet kita stabil dan tidak ada gangguan. Cobalah untuk mengakses situs web lain untuk memastikan bahwa masalahnya bukan karena koneksi internet.
  2. Restart Router: Kadang-kadang, memulai ulang router dapat membantu memperbaiki masalah koneksi internet yang lambat atau tidak stabil.
  3. Nonaktifkan Firewall Sementara: Coba nonaktifkan firewall atau perangkat lunak keamanan sementara untuk melihat apakah ini memperbaiki masalah. Jika iya, Anda dapat mengonfigurasi firewall Anda agar lebih longgar terhadap koneksi web.
  4. Periksa DNS: Cobalah untuk mengonfigurasi DNS Anda secara manual atau gunakan DNS publik seperti Google DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) untuk melihat apakah masalahnya ada pada DNS.
  5. Periksa Pengaturan Proxy: Jika Anda menggunakan proxy, pastikan pengaturannya benar dan tidak menghambat koneksi ke server situs web.
  6. Coba Navigasi Incognito: Buka browser dalam mode incognito atau privat untuk memastikan bahwa masalahnya bukan disebabkan oleh ekstensi atau cache browser.
  7. Periksa Status Server: Periksa status server situs web yang ingin Anda akses untuk melihat apakah server tersebut sedang mengalami masalah atau tidak merespons.
  8. Perbarui Browser: Pastikan browser Anda dan semua ekstensi yang terpasang telah diperbarui ke versi terbaru.

Dengan mencoba langkah-langkah di atas, kita dapat memperbaiki ERR_CONNECTION_TIMED_OUT dan kembali mengakses situs web tanpa masalah. Jika masalah masih terjadi setelah mencoba semua langkah tersebut, mungkin ada masalah yang lebih dalam yang perlu diperiksa oleh penyedia layanan internet atau administrator situs web.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan