Cara Menulis Surat Ucapan Terima Kasih Setelah Interview

Setelah menjalani wawancara pekerjaan yang penting, menulis surat ucapan terima kasih bisa menjadi langkah yang sangat bijak. Surat ini tidak hanya menunjukkan kesopanan kita sebagai calon karyawan, tetapi juga dapat memberikan kesan positif tambahan kepada perekrut atau tim wawancara. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kita ikuti untuk menulis surat ucapan terima kasih yang efektif setelah menjalani wawancara:

1. Mulailah dengan Salam yang Sopan

Kita dapat memulai surat dengan salam yang sopan, seperti “Salam Hormat,” atau “Halo [Nama Perekrut].” Pastikan untuk menyesuaikan salam tersebut dengan konteks dan hubungan kita dengan penerima surat.

2. Ucapan Terima Kasih yang Tulus

Langsung masuk ke inti surat dengan menyatakan ucapan terima kasih yang tulus atas kesempatan untuk menjalani wawancara. Contoh ungkapan yang bisa digunakan adalah “Saya sangat menghargai waktu yang diberikan untuk bertemu dan berbicara dengan saya.”

3. Tinjau Kembali Pertanyaan dan Jawaban

Ingat kembali beberapa pertanyaan penting yang diajukan selama wawancara dan jawaban-jawaban yang telah kita berikan. Jika ada poin-poin tambahan yang ingin kita sampaikan atau klarifikasi yang perlu ditambahkan, ini adalah kesempatan yang baik untuk melakukannya secara singkat dan jelas.

4. Sampaikan Keinginan untuk Berkontribusi

Jelaskan dengan singkat mengapa kita tertarik pada posisi dan perusahaan tersebut. Sampaikan keinginan kita untuk berkontribusi positif dan berkembang bersama tim jika diberikan kesempatan.

5. Perhatikan Detail Penting

Pastikan untuk menyebutkan nama posisi yang kita lamar dan tanggal wawancara untuk memudahkan penerima surat mengingat kembali percakapan kita.

6. Ucapan Penutup yang Ramah

Akhiri surat dengan ucapan penutup yang ramah seperti “Sekali lagi, terima kasih atas kesempatan ini. Saya sangat menantikan kesempatan untuk berkontribusi di [Nama Perusahaan].”

7. Tandatangani Surat

Tandatangani surat dengan nama lengkap kita di bawah ucapan penutup. Jika mengirim melalui email, pastikan untuk menyertakan tanda tangan elektronik jika diperlukan.

8. Periksa Kembali dan Kirim

Sebelum mengirim surat, pastikan untuk memeriksanya secara seksama untuk kesalahan tata bahasa atau kesalahan lainnya. Setelah yakin surat sudah sesuai, kirim melalui email atau pos sesuai dengan instruksi yang diberikan selama wawancara.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menulis surat ucapan terima kasih yang profesional, tulus, dan memberikan kesan positif tambahan setelah menjalani wawancara pekerjaan. Semoga surat tersebut membantu memperkuat hubungan kita dengan tim perekrutan dan meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan