Cara Uninstall WordPress di cPanel Hosting [Softaculous & Manual]

Ketika mengelola situs web menggunakan WordPress, ada saatnya kita perlu menghapus instalasi WordPress dari server hosting kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas alasan mengapa kita perlu melakukan uninstall WordPress, syarat yang diperlukan, serta langkah-langkah untuk melakukan uninstall WordPress baik melalui Softaculous maupun secara manual di cPanel hosting.

Alasan Anda Perlu Uninstall WordPress

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu melakukan uninstall WordPress, di antaranya:

  1. Pembaruan Situs: Ketika Anda ingin memulai ulang atau memperbarui situs web Anda dengan instalasi WordPress yang bersih.
  2. Migrasi Hosting: Saat Anda ingin memindahkan situs WordPress Anda ke hosting baru atau menyatukan beberapa situs dalam satu hosting.
  3. Masalah Keamanan: Jika situs WordPress mengalami masalah keamanan yang serius dan tidak dapat diperbaiki dengan mudah, uninstall mungkin merupakan pilihan terbaik.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Syarat Uninstall WordPress

Sebelum melakukan uninstall WordPress, pastikan Anda telah membackup data penting dari situs web Anda, termasuk file dan database WordPress. Ini penting untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan selama proses uninstall.

Cara Uninstall WordPress di cPanel lewat Softaculous

1. Login ke cPanel

Masuklah ke akun cPanel Anda menggunakan kredensial yang diberikan oleh penyedia hosting Anda.

2. Akses Menu Softaculous

Cari dan klik ikon Softaculous dalam dashboard cPanel Anda. Softaculous adalah alat yang memudahkan instalasi dan manajemen aplikasi web seperti WordPress.

3. Cari Website WordPress

Di dalam Softaculous, cari instalasi WordPress yang ingin Anda uninstall dari daftar aplikasi yang terinstal.

4. Hapus Instalasi WordPress

Klik tombol “Hapus” di samping instalasi WordPress yang ingin Anda uninstall. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengonfirmasi dan menyelesaikan proses uninstall.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Cara Uninstall WordPress Manual

1. Akses Menu File Manager

Kembali ke dashboard cPanel dan buka menu “File Manager” untuk mengakses file dan folder situs web Anda.

2. Buka File wp-config.php

Temukan dan buka file “wp-config.php” dalam direktori root situs web Anda. Edit file ini untuk menambahkan informasi koneksi database WordPress Anda.

3. Hapus Database WordPress

Kembali ke cPanel dan buka menu “MySQL Databases”. Temukan database WordPress yang ingin Anda uninstall dan hapus database tersebut.

4. Hapus File WordPress

Kembali ke File Manager, temukan dan hapus semua file dan folder terkait dengan instalasi WordPress yang ingin Anda uninstall.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Sudah Tahu Cara Uninstall WordPress di cPanel, kan?

Sekarang, Anda telah mempelajari dua cara untuk melakukan uninstall WordPress di cPanel hosting Anda, baik melalui Softaculous maupun secara manual. Pastikan untuk selalu melakukan backup data sebelum melakukan uninstall untuk menghindari kehilangan informasi yang berharga. Semoga artikel ini membantu Anda mengelola situs web WordPress Anda dengan lebih efisien!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan