Cari Tahu Nilai Budaya Perusahaan dengan Cara Ini

Interview kerja bukan hanya tentang pertanyaan yang diajukan kepada kita sebagai calon karyawan, tetapi juga tentang kita menilai apakah perusahaan tersebut sesuai dengan nilai dan budaya kerja versi kita. Budaya kerja perusahaan memainkan peran penting dalam keberhasilan dan kebahagiaan Anda di tempat kerja.
Berikut adalah lima cara untuk menilai budaya kerja perusahaan selama wawancara. Mari kita simak.

1. Perhatikan Perilaku Interviewer

Saat kita bertemu dengan pewawancara, perhatikan perilaku dan sikap mereka. Apakah mereka ramah dan terbuka? Apakah mereka menunjukkan rasa hormat dan mendengarkan dengan baik? Interaksi awal dengan tim rekrutmen atau calon atasan dapat memberi kita gambaran awal tentang budaya kerja perusahaan. Jika mereka memberikan kesan positif dan mendukung, itu mungkin menjadi indikasi bahwa perusahaan tersebut mementingkan komunikasi terbuka dan hubungan kerja yang baik.

2. Amati Lingkungan Kerja

Perhatikan lingkungan kerja saat kita tiba di kantor untuk wawancara. Apakah kantor terorganisir dan bersih? Apakah ada tanda-tanda kolaborasi dan tim kerja? Bagaimana interaksi antar karyawan? Lingkungan kerja yang ramah, teratur, dan kolaboratif dapat menandakan budaya perusahaan yang inklusif dan positif.

3. Tanyakan Pertanyaan tentang Budaya Kerja

Manfaatkan kesempatan untuk bertanya tentang budaya kerja langsung kepada pewawancara. kita bisa mengajukan pertanyaan seperti, “Bagaimana karyawan mendefinisikan budaya kerja di sini?” atau “Bagaimana nilai-nilai perusahaan tercermin dalam sehari-hari kerja?” Tanggapan mereka dapat memberi kita wawasan yang lebih dalam tentang norma dan ekspektasi di tempat kerja tersebut.

4. Cari Tahu Tentang Program Kesejahteraan Karyawan

Budaya kerja yang sehat sering kali mencakup dukungan terhadap kesejahteraan karyawan. Tanyakan tentang program-program kesejahteraan yang ditawarkan oleh perusahaan, seperti fleksibilitas waktu kerja, program kesehatan, atau kegiatan rekreasi. Ketersediaan dan fokus perusahaan pada kesejahteraan karyawan dapat menjadi indikasi bahwa mereka menghargai kebahagiaan dan keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi.

5. Carilah Ulasan atau Pengalaman Karyawan

Selain dari wawancara langsung, kita juga bisa mencari informasi tentang budaya kerja perusahaan dari pengalaman karyawan saat ini atau mantan karyawan. kita bisa melihat ulasan perusahaan di situs web seperti Glassdoor atau LinkedIn, atau bahkan bertanya langsung kepada karyawan melalui jejaring sosial atau forum industri. Pendapat dari orang-orang yang sudah berada di dalam perusahaan dapat memberikan wawasan yang berharga tentang pengalaman kerja di sana.

Melalui observasi, pertanyaan, dan penelitian, kita dapat menilai apakah budaya kerja suatu perusahaan sesuai dengan nilai, minat, dan gaya kerja versi kita. Memilih perusahaan yang cocok dengan budaya kerja akan membantu kita merasa nyaman dan berkembang di tempat kerja, serta meningkatkan kepuasan dan produktivitas dalam jangka panjang. Semoga membantu!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan