6 Contoh Content Marketing Terbaik untuk Strategi Bisnis!

Sesuai dengan namanya, content marketing memanfaatkan penggunaan konten dalam pemasaran. Banyak perusahaan terkemuka yang telah menggunakan metode ini sebagai strategi bisnis untuk meningkatkan brand awareness. Para ahli juga menyebutkan bahwa content marketing merupakan metode yang sangat efektif, loh! Kalau kamu berniat untuk menggunakannya, simak 6 contoh content marketing berikut sebagai referensimu!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Situs Web

6 Contoh Content Marketing Terbaik untuk Strategi Bisnis!
Content marketing sejuta umat

Menggunakan situs web atau blog sebagai content marketing bisa menjadi pilihan pertama yang dapat kamu coba. Kamu juga bisa mengaplikasikan strategi SEO dan SEM ke dalamnya. Selain itu, metode ini merupakan salah satu strategi content marketing yang dapat kamu temui dengan mudah.

2. Infografik

6 Contoh Content Marketing Terbaik untuk Strategi Bisnis!
Calon konsumen jadi lebih paham dengan produkmu!

Sesuai namanya, content marketing infografik menggunakan berbagai data, informasi, dan pengetahuan dalam bentuk grafik. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan proses marketing. Calon pelanggan juga akan lebih mudah menyerap informasi mengenai produk yang kamu jual.

Untuk dapat memahaminya lebih lanjut, kamu bisa melihat berbagai contoh content marketing infografik yang telah Michael Schmitz himpun di media berbagi foto, Pinterest. Oiya, kamu harus memiliki kemampuan mendesain, analisis informasi, dan storytelling yang cakap untuk dapat menyusun strategi ini dengan baik.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Podcast

6 Contoh Content Marketing Terbaik untuk Strategi Bisnis!
Calon konsumen bisa dengerin podcast-mu sambil nyantai

Podcast atau siniar merupakan kumpulan file audio digital yang dapat kamu dengarkan baik secara langsung maupun mengunduhnya terlebih dahulu. Content marketing dengan metode ini masih jarang kita temui di Indonesia. Akan tetapi, menjadikan podcast sebagai media content marketing sudah menjadi hal yang wajar di luar negeri.

Seorang penulis buku terkemuka asal Amerika, Michael Hyatt, merupakan salah satu pelopor content marketing podcast. Ia memiliki konten siniar bertajuk ‘Lead to Win’ dengan jumlah unduhan lebih dari 250.000 tiap bulannya. Di dalam podcast cuma-cuma miliknya, Michael memberikan berbagai informasi mengenai buku dan kursus yang ia miliki.

4. Video

6 Contoh Content Marketing Terbaik untuk Strategi Bisnis!
Buatlah video marketing semenarik mungkin

Strategi content marketing keempat yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan video. Kamu bisa merekam video pemasaran lalu mengunggahnya ke berbagai media sosial atau layanan berbagi video daring. Perhatikan pula kualitas videonya, buatlah video yang mampu menggambarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan dengan baik.

Gary Varchenuk merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang menggunakan strategi ini. Ia telah memasarkan berbagai produk melalui sebuah kanal YouTube, salah satunya adalah bisnis anggur milik keluarganya.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

5. Surat Elektronik

6 Contoh Content Marketing Terbaik untuk Strategi Bisnis!
Content marketing yang masih sering kita temui

Pernahkah kamu mendapat notifikasi surat elektronik yang berisi berbagai penawaran produk ataupun jasa? Sebenarnya, email yang masuk itu adalah bentuk pemasaran konten. 

Strategi ini cukup populer di kalangan pebisnis. Akan tetapi, efektivitas dari content marketing surat elektronik terbilang cukup rendah. Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, kebanyakan orang malah merasa terganggu dengan notifikasi yang terus masuk dan tak kunjung usai tersebut. Mereka acap kali tak menghiraukannya, bahkan terkadang memasukkannya ke dalam kotak spam.

6. Buku

6 Contoh Content Marketing Terbaik untuk Strategi Bisnis!
Unik dan menarik

Kamu pasti jarang atau bahkan tidak pernah mendengar strategi content marketing melalui media buku, kan? Metode ini memang cukup merepotkan karena mengharuskan kita untuk mengeluarkan biaya cetak buku yang tidak murah.

Akan tetapi, content marketing  menggunakan media buku dapat kamu jadikan pilihan karena unik dan masih jarang kita jumpai di Indonesia. Book Yourself Solid merupakan contoh nyata yang telah sukses menjual berbagai produk menggunakan metode ini.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Nah, itu dia 6 contoh content marketing untuk meningkatkan strategi bisnismu, guys! Kamu bisa memilih salah satu atau bahkan menggunakan semuanya. Selain itu, kamu juga harus mempelajari cara Membuat Strategi Konten untuk Pemasaran agar memperoleh hasil yang maksimal! 

Kalau kamu gak tahu di mana tempat belajarnya, gabung aja bersama MySkill.id! Di MySkill.id, kamu bisa belajar dan mengikuti berbagai kelas serta bootcamp mengasyikkan bersama mentor berpengalaman, loh!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Bynta Ayu Hanifa