Contoh dan Tips Membuat Cover Letter Bahasa Indonesia yang Apik

Cover letter atau surat pengantar adalah dokumen yang biasanya disertakan dalam lamaran kerja untuk memberikan informasi tambahan kepada perekrut tentang diri kita dan mengapa kita cocok untuk posisi yang dilamar. Meskipun tidak selalu menjadi keharusan, cover letter dapat menjadi pelengkap yang sangat berharga untuk CV atau resume kita.

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia

[Alamat Kita]
[Kota, Tanggal]

[Perusahaan yang Dituju]
[Alamat Perusahaan]
[Kota, Kode Pos]

Hormat Kami,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Kita]
Alamat: [Alamat Kita]
No. Telepon: [Nomor Telepon Kita]
Email: [Alamat Email Kita]

Dengan ini saya ingin mengajukan lamaran kerja untuk posisi [Nama Posisi] di perusahaan Bapak/Ibu. Saya tertarik dengan posisi ini dan percaya bahwa kualifikasi dan pengalaman saya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sebagai latar belakang, saya telah memiliki pengalaman kerja selama [Jangka Waktu Pengalaman Kerja] di bidang [Bidang Kerja], di mana saya telah berhasil mengembangkan keterampilan dalam [sebutkan keterampilan yang relevan]. Saya juga memiliki keahlian dalam [sebutkan keahlian tambahan yang relevan], yang saya yakini dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Selama perjalanan karier saya, saya telah memiliki kesempatan untuk [sebutkan pencapaian atau proyek yang relevan dengan posisi yang dilamar]. Saya percaya bahwa pengalaman dan pencapaian ini telah membekali saya dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk berhasil di posisi yang dilamar.

Saya sangat antusias untuk bergabung dengan tim Bapak/Ibu dan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan. Saya siap untuk menjalani proses seleksi lebih lanjut dan dapat dihubungi melalui telepon di nomor [Nomor Telepon Kita] atau melalui email di [Alamat Email Kita].

Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. Saya sangat menghargai kesempatan ini dan berharap dapat bertemu langsung untuk mendiskusikan lebih lanjut.

Hormat Kami,
[Nama Kita]

Tips Membuat Cover Letter dalam Bahasa Indonesia

  1. Sesuaikan dengan Perusahaan: Pastikan untuk menyesuaikan setiap cover letter dengan perusahaan dan posisi yang dilamar. Tampilkan pengetahuan tentang perusahaan dan sampaikan alasan mengapa Kita tertarik dengan posisi tersebut.
  2. Perkenalkan Diri dengan Jelas: Mulailah dengan memperkenalkan diri dengan jelas, termasuk nama, alamat, nomor telepon, dan email. Ini membantu memudahkan perusahaan untuk menghubungi Kita jika diperlukan.
  3. Sorot Pengalaman dan Keahlian: Sorot pengalaman kerja dan keahlian yang relevan dengan posisi yang dilamar. Jelaskan bagaimana pengalaman dan keahlian Kita dapat mendukung kebutuhan perusahaan.
  4. Berikan Bukti atau Pencapaian: Berikan bukti konkret atau pencapaian yang mendukung klaim Kita tentang kualifikasi dan kemampuan. Ini dapat berupa proyek yang berhasil atau penghargaan yang diterima.
  5. Tunjukkan Antusiasme: Tunjukkan antusiasme Kita untuk bergabung dengan perusahaan dan berkontribusi pada kesuksesan mereka. Ini menunjukkan motivasi dan komitmen Kita terhadap posisi yang dilamar.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan