Contoh Isi Email Lamaran Kerja yang Benar

Email telah menjadi cara yang umum digunakan untuk mengirimkan lamaran kerja. Namun, menyusun email lamaran kerja yang baik dan profesional tetap menjadi tantangan bagi banyak orang. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh isi email lamaran kerja yang benar, lengkap dengan langkah-langkah dan tips untuk memperkuat pesan yang ingin kita sampaikan.

1. Subject Email yang Menarik

Subject email adalah pintu gerbang pertama yang akan dilihat oleh penerima. Pastikan subject email kita singkat, jelas, dan menarik perhatian, misalnya “Lamaran Posisi [Judul Posisi] – [Nama Anda]”.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

2. Salutation yang Tepat

Mulailah email dengan salutation yang sopan, seperti “Bapak/Ibu [Nama Penerima]” atau “Halo Tim HR [Nama Perusahaan]”.

3. Pernyataan Tujuan Email

Jelaskan dengan singkat tujuan email kita, yaitu melamar posisi yang tersedia di perusahaan tersebut.

4. Pengenalan Diri

Berikan pengenalan singkat tentang siapa kita, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar.

5. Motivasi untuk Melamar Posisi Tersebut

Jelaskan mengapa kita tertarik dengan posisi tersebut dan bagaimana kita dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

6. Penjelasan Singkat tentang Keterampilan dan Keahlian

Sertakan beberapa keterampilan dan keahlian yang relevan dengan posisi yang dilamar, tetapi hindari mengulang kembali resume kita secara terperinci.

7. Penutup yang Ramah dan Bersahabat

Sampaikan harapan kita untuk mendapatkan kesempatan wawancara lebih lanjut dan ungkapkan terima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan.

8. Informasi Kontak

Sertakan informasi kontak kita (nomor telepon dan alamat email) agar perusahaan dapat dengan mudah menghubungi kita.

9. Lampiran

Jika diperlukan, lampirkan resume, CV, dan portofolio kita sebagai lampiran dalam email.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Contoh Isi Email Lamaran Kerja yang Benar


Subject: Lamaran Posisi Content Writer – John Doe

Halo Tim HR XYZ Corp,

Saya John Doe, lulusan S1 Sastra Inggris dari Universitas ABC dengan pengalaman kerja sebagai penulis lepas selama dua tahun terakhir. Saya menulis untuk berbagai platform online dan menciptakan konten yang menarik dan informatif.

Saya tertarik dengan posisi Content Writer yang saat ini tersedia di XYZ Corp karena saya percaya bahwa keterampilan menulis saya dapat memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. Saya memiliki kemampuan untuk menulis dengan gaya yang sesuai dengan target audiens dan memahami pentingnya konten yang relevan dan berkualitas dalam strategi pemasaran digital.

Selain itu, saya memiliki pengalaman dalam mengoptimalkan konten untuk SEO dan familiar dengan berbagai tools dan platform yang digunakan dalam industri penerbitan digital. Saya percaya bahwa dengan kemampuan dan pengalaman saya, saya dapat menjadi aset berharga bagi tim XYZ Corp.

Saya sangat antusias dengan kesempatan untuk bergabung dengan tim XYZ Corp dan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan. Terlampir CV saya untuk referensi Anda lebih lanjut. Saya siap untuk mengikuti wawancara atau uji coba penulisan apabila diperlukan.

Terima kasih atas pertimbangan Anda. Saya sangat berharap untuk dapat berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat berkontribusi pada tim XYZ Corp.

Salam,
John Doe
[email protected]
081234567890


Kesimpulan

Menulis email lamaran kerja yang baik adalah langkah awal yang penting untuk mendapatkan perhatian perusahaan yang kita lamar. Dengan mengikuti contoh isi email lamaran kerja yang benar, kita dapat meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan kesempatan wawancara dan akhirnya posisi yang kita inginkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan