CV Kronologis vs CV Fungsional

CV Kronologis dan CV Fungsional adalah dua jenis format yang umum digunakan untuk menyusun CV. Meskipun keduanya bertujuan untuk menunjukkan riwayat kerja dan keterampilan seseorang, keduanya memiliki pendekatan yang berbeda.
Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu CV Kronologis dan CV Fungsional, serta tiga perbedaan utama antara keduanya. Yuk simak!

Apa itu CV Kronologis?

CV Kronologis adalah format yang paling umum digunakan. Dalam CV Kronologis, pengalaman kerja dan pendidikan disusun secara kronologis, dimulai dari pengalaman yang paling baru hingga yang paling lama. Ini membuat perekrut dapat dengan mudah melihat sejarah pekerjaan dan perkembangan karir seseorang.

Apa itu CV Fungsional?

CV Fungsional, di sisi lain, menempatkan fokus pada keterampilan dan kemampuan seseorang daripada riwayat pekerjaan mereka. Dalam CV Fungsional, pengalaman kerja disusun berdasarkan keterampilan atau fungsi tertentu yang relevan dengan posisi yang dilamar. Ini membantu menyoroti keterampilan yang relevan, terlepas dari urutan waktu.

Perbedaan Antara CV Kronologis dan CV Fungsional

  1. Susunan Konten:
  • CV Kronologis: Pengalaman kerja dan pendidikan disusun secara kronologis, dimulai dari yang paling baru hingga yang paling lama.
  • CV Fungsional: Pengalaman kerja disusun berdasarkan keterampilan atau fungsi tertentu, dengan fokus pada kemampuan yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  1. Fokus Utama:
  • CV Kronologis: Fokus utama adalah pada sejarah pekerjaan dan perkembangan karir seseorang.
  • CV Fungsional: Fokus utama adalah pada keterampilan dan kemampuan yang dimiliki seseorang, terlepas dari urutan waktu pengalaman kerja.
  1. Penggunaan yang Disarankan:
  • CV Kronologis: Cocok untuk orang-orang dengan sejarah pekerjaan yang konsisten dan pengalaman yang terkait secara langsung dengan posisi yang dilamar.
  • CV Fungsional: Cocok untuk orang-orang yang ingin menyoroti keterampilan atau kemampuan tertentu yang relevan dengan posisi yang dilamar, terutama jika mereka memiliki perubahan karir yang signifikan atau perlu menutupi celah dalam riwayat kerja mereka.

Kesimpulan

CV Kronologis dan CV Fungsional adalah dua format yang berbeda untuk menyusun CV kita. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menunjukkan riwayat kerja dan keterampilan seseorang, pendekatan yang berbeda digunakan. Memahami perbedaan antara keduanya dapat membantu kita memilih format yang paling sesuai dengan situasi dan kebutuhan kita saat mengajukan lamaran pekerjaan. Semoga membantu!.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan