CV Technical Writer: Cara Menyusun, Contoh, & Template (Free)

Sebagai seorang technical writer, CV kita adalah alat yang penting untuk menunjukkan keterampilan menulis teknis kita dan pengalaman dalam menyusun dokumen teknis. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menyusun CV Technical Writer yang efektif, menyajikan contoh CV sebagai panduan, dan menawarkan template gratis untuk membantu kita memulai.

Cara Menyusun CV Technical Writer

  1. Ringkasan Profesional: Mulailah CV dengan ringkasan singkat tentang diri kita sebagai seorang technical writer. Soroti latar belakang pendidikan kita , pengalaman kerja, dan keahlian khusus dalam menulis dokumen teknis.
  2. Pengalaman Kerja: Daftar pengalaman kerja kita dalam penyusunan dokumen teknis, mulai dari manual pengguna hingga spesifikasi produk. Jelaskan peran kita dalam setiap proyek, termasuk jenis dokumen yang kita tulis, platform atau alat yang kita gunakan, dan hasil yang kita capai.
  3. Keterampilan: Soroti keterampilan khusus yang kita miliki sebagai seorang technical writer, seperti kemampuan untuk menyederhanakan informasi kompleks, mengorganisir konten dengan logis, dan mematuhi standar gaya dan format yang ditetapkan.
  4. Pendidikan: Daftar riwayat pendidikan kita terkait dengan bidang menulis teknis, seperti gelar dalam bidang teknik, ilmu komputer, atau komunikasi teknis.
  5. Portofolio: Sertakan tautan ke portofolio online kita atau daftar contoh-contoh karya terbaik kita dalam penyusunan dokumen teknis. Ini akan memberikan gambaran langsung kepada calon majikan tentang kemampuan dan gaya penulisan kita sebagai seorang technical writer.

Contoh CV Technical Writer

[Informasi Pribadi]

Nama: [Nama]
Alamat: [Alamat]
Telepon: [Nomor Telepon]
Email: [Alamat Email]

[Pengalaman Kerja]

- Technical Writer di Perusahaan ABC (Tahun Mulai - Tahun Selesai)
  Deskripsi tugas: Bertanggung jawab atas penyusunan manual pengguna, spesifikasi produk, dan dokumen teknis lainnya untuk produk-produk perusahaan. Mengelola proses penulisan, melakukan penelitian, dan berkolaborasi dengan tim pengembangan produk.

- Freelance Technical Writer (Tahun Mulai - Tahun Selesai)
  Deskripsi tugas: Menyediakan layanan penulisan teknis untuk berbagai klien dalam berbagai industri. Menulis manual pengguna, tutorial, dan dokumentasi teknis lainnya sesuai dengan kebutuhan klien.

[Pendidikan]

- Sarjana Teknik Informatika, Universitas ABC, Tahun Lulus

[Keterampilan]

- Penulisan Teknis
- Penelitian
- Pengorganisasian Konten
- Mematuhi Standar Gay

Template Gratis CV Technical Writer

Berikut adalah link untuk template gratis CV Technical Writer: Template CV Technical Writer

Kesimpulan

CV kita sebagai seorang technical writer adalah alat yang penting untuk menarik perhatian perusahaan dan memperoleh peluang karir dalam bidang menulis teknis. Dengan mengikuti struktur yang tepat, memperhatikan detail, dan menyertakan contoh-contoh karya terbaik kita, kita dapat membuat CV Technical Writer yang efektif dan profesional.gunakan template yang disediakan sebagai panduan untuk membuat portofolio yang menonjolkan kreativitas dan kualitas tulisan kita sebagai seorang technical writer.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan