Data Analytics vs Data Analysis: Apa Perbedaan Keduanya?

Data Analytics dan Data Analysis adalah dua konsep yang sering kali digunakan secara bergantian dalam konteks pengolahan data, namun keduanya memiliki perbedaan yang penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara Data Analytics dan Data Analysis, serta perbandingan keduanya.

Perbedaan Data Analytics vs Data Analysis

Data Analysis:

  • Definisi: Data Analysis adalah proses menganalisis, membersihkan, mengubah, dan memodelkan data untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat dan mendukung pengambilan keputusan.
  • Fokus: Data Analysis lebih fokus pada pengolahan data untuk menemukan pola, tren, dan hubungan yang tersembunyi dalam data.
  • Tujuan Utama: Tujuan utama dari Data Analysis adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan sebelumnya atau memecahkan masalah tertentu dengan menggunakan data.
  • Metode: Metode yang umum digunakan dalam Data Analysis antara lain statistik deskriptif, analisis regresi, dan analisis cluster.
  • Contoh: Contoh dari Data Analysis adalah analisis penjualan bulanan untuk mengidentifikasi tren penjualan, atau analisis survei untuk menentukan kepuasan pelanggan.

Data Analytics:

  • Definisi: Data Analytics adalah proses menganalisis data secara mendalam dengan menggunakan teknik statistik, matematika, dan machine learning untuk mendapatkan wawasan yang mendalam dan mendukung pengambilan keputusan.
  • Fokus: Data Analytics lebih fokus pada analisis prediktif dan preskriptif, di mana tujuannya adalah untuk meramalkan hasil di masa depan dan memberikan rekomendasi untuk tindakan yang harus diambil.
  • Tujuan Utama: Tujuan utama dari Data Analytics adalah untuk menghasilkan wawasan yang dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik.
  • Metode: Metode yang umum digunakan dalam Data Analytics antara lain machine learning, data mining, dan analisis big data.
  • Contoh: Contoh dari Data Analytics adalah prediksi penjualan di masa depan berdasarkan data historis, atau rekomendasi produk yang dipersonalisasi berdasarkan perilaku pembelian sebelumnya.

Perbandingan antara Data Analytics vs Data Analysis

  1. Fokus: Data Analysis lebih fokus pada pemahaman pola dan tren dalam data yang ada, sementara Data Analytics lebih fokus pada pemodelan dan prediksi berdasarkan data.
  2. Tujuan: Tujuan utama dari Data Analysis adalah untuk menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah tertentu, sementara tujuan utama dari Data Analytics adalah untuk menghasilkan wawasan yang mendukung pengambilan keputusan.
  3. Metode: Data Analysis menggunakan metode statistik yang lebih tradisional, sementara Data Analytics menggunakan teknik-teknik yang lebih canggih seperti machine learning.
  4. Siklus Hidup: Data Analysis merupakan bagian dari siklus hidup Data Analytics yang lebih besar, di mana Data Analytics melibatkan proses yang lebih luas termasuk pengumpulan, penyimpanan, dan pengolahan data.

Dengan memahami perbedaan antara Data Analytics dan Data Analysis, kita dapat memilih pendekatan yang tepat untuk kebutuhan analisis data kita. Jika ingin lebih fokus pada pemahaman pola dan tren dalam data yang ada, Data Analysis mungkin lebih cocok. Namun, jika ingin meramalkan hasil di masa depan dan memberikan rekomendasi untuk tindakan yang harus diambil, Data Analytics mungkin lebih sesuai.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan