Desain Memphis: Arti, Sejarah, Contoh, dan Trik Penerapannya

Desain Memphis adalah gaya desain grafis yang unik dan berwarna-warni yang muncul pada tahun 1980-an. Gaya ini ditandai oleh penggunaan warna cerah, pola geometris, dan elemen dekoratif yang kuat. Desain Memphis sering kali dianggap sebagai manifestasi dari post modernisme dalam desain, karena mengekspresikan kebebasan kreatif dan penolakan terhadap aturan tradisional desain.

Sejarah Desain Memphis

Desain Memphis berasal dari sebuah kelompok desainer dan arsitek yang tergabung dalam kelompok bernama Memphis Group, yang didirikan oleh desainer Italia Ettore Sottsass pada tahun 1980. Kelompok ini terkenal karena menciptakan gaya desain yang radikal dan kontroversial, yang melawan arus desain modern pada saat itu. Desain mereka dipengaruhi oleh berbagai hal, termasuk seni pop, seni dekonstruksi, dan seni rupa Afrika.

Contoh Penerapan Memphis Graphic Design

Desain Memphis sering diterapkan dalam berbagai bentuk, termasuk desain interior, produk, grafis, dan mode. Contoh penerapan desain Memphis dapat dilihat dalam berbagai produk dan karya seni kontemporer. Desain grafis dengan gaya Memphis sering kali menggunakan warna-warna cerah seperti merah, biru, kuning, dan hijau, serta pola-pola geometris yang kuat dan kontras yang mencolok.

Trik Membuat Grafis dengan Gaya Memphis

Untuk membuat grafis dengan gaya Memphis, ada beberapa trik yang dapat kita terapkan:

  1. Gunakan Warna Cerah: Gunakan warna-warna cerah dan mencolok seperti merah, biru, kuning, dan hijau untuk menciptakan efek yang menarik dan energik.
  2. Gunakan Pola Geometris: Gunakan pola-pola geometris seperti lingkaran, segitiga, dan persegi panjang untuk memberikan kesan yang modern dan berani.
  3. Kombinasikan Warna dan Pola: Kombinasikan warna-warna cerah dengan pola geometris yang kuat untuk menciptakan komposisi yang dinamis dan mencolok.
  4. Gunakan Tipografi yang Unik: Gunakan tipografi yang unik dan eksentrik untuk menambahkan sentuhan personal pada desain kita.
  5. Perhatikan Keseimbangan Komposisi: Pastikan untuk memperhatikan keseimbangan komposisi kita agar desain terlihat seimbang dan harmonis.

Dengan menerapkan trik-trik di atas, kita dapat membuat grafis dengan gaya Memphis yang menarik dan berbeda. Jangan takut untuk bereksperimen dengan warna, pola, dan tipografi untuk menciptakan desain yang unik dan penuh gaya.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan