Design Handoff: Apa itu dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Design Handoff adalah proses penting dalam pengembangan desain yang melibatkan transfer informasi antara tim desain dan tim pengembangan. Ini terjadi ketika desain selesai dan siap untuk diimplementasikan ke dalam produk atau situs web. Design Handoff penting karena memastikan bahwa semua detail desain yang diperlukan untuk menghasilkan produk akhir disampaikan dengan jelas kepada tim pengembangan.

Apa Itu Dokumen Design Handoff?

Dokumen Design Handoff adalah dokumen yang berisi informasi rinci tentang desain yang akan diimplementasikan. Dokumen ini mencakup berbagai elemen desain, seperti mockup, prototipe, spesifikasi warna dan font, interaksi antarmuka pengguna, dan banyak lagi. Tujuan utama dokumen ini adalah memberikan panduan yang jelas kepada tim pengembangan tentang bagaimana desain harus diimplementasikan.

5 Komponen Layer Informasi dalam Dokumen Design Handoff

  1. Mockup dan Prototipe: Ini adalah gambaran visual dari desain, termasuk tata letak halaman, elemen UI, dan navigasi. Mockup dapat berupa gambar statis atau prototipe interaktif yang memberikan gambaran lebih jelas tentang interaksi pengguna.
  2. Spesifikasi Warna dan Font: Dokumen ini juga mencakup informasi tentang palet warna yang digunakan dalam desain, serta detail tentang jenis font dan ukuran yang harus digunakan.
  3. Interaksi Pengguna: Ini mencakup detail tentang bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan elemen UI, seperti animasi, transisi, dan efek hover.
  4. Asset Grafis: Dokumen Design Handoff juga harus mencakup semua asset grafis yang diperlukan untuk mengimplementasikan desain, seperti logo, ikon, gambar latar belakang, dll.
  5. Spesifikasi Teknis: Ini adalah bagian yang lebih teknis dari dokumen, yang mencakup detail tentang teknologi dan alat yang digunakan dalam desain, serta persyaratan teknis lainnya.

Handoff Meeting: Proses setelah Dokumentasi

Setelah dokumen Design Handoff disiapkan, biasanya dilakukan pertemuan antara tim desain dan tim pengembangan untuk membahas detail desain. Pertemuan ini memungkinkan kedua tim untuk saling bertukar informasi dan memastikan pemahaman yang sama tentang desain yang akan diimplementasikan. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi tim pengembangan untuk mengajukan pertanyaan atau klarifikasi tentang desain.

Selama pertemuan ini, tim desain juga dapat memberikan panduan tambahan atau keterangan khusus tentang desain yang tidak tercakup dalam dokumen. Ini dapat membantu memastikan bahwa tim pengembangan memiliki semua informasi yang mereka butuhkan untuk mengimplementasikan desain dengan benar.

Dengan melakukan Design Handoff dengan baik, tim desain dan tim pengembangan dapat bekerja sama secara lebih efisien dan menghasilkan produk akhir yang sesuai dengan visi desain. Itu sebabnya penting untuk memastikan bahwa semua informasi yang diperlukan disampaikan dengan jelas dan bahwa ada komunikasi yang baik antara kedua tim selama proses ini.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan