Film-film Insightful untuk Belajar UI/UX Design

UI (User Interface) dan UX (User Experience) Design adalah dua konsep penting dalam dunia desain digital. UI Design berkaitan dengan tampilan visual suatu produk digital, seperti warna, tata letak, dan elemen grafis lainnya, sedangkan UX Design lebih fokus pada pengalaman pengguna secara keseluruhan, termasuk navigasi, interaksi, dan kepuasan pengguna.

Salah satu cara untuk memahami konsep-konsep ini dengan lebih baik adalah melalui film. Film-film tertentu dapat memberikan wawasan yang dalam tentang prinsip-prinsip desain UI/UX, serta menginspirasi kita untuk meningkatkan keterampilan desain kita. Berikut adalah beberapa film yang dapat menjadi referensi untuk belajar UI/UX Design:

1. Objectified (2009)

Film dokumenter ini membahas peran objek dalam kehidupan sehari-hari dan bagaimana desain mempengaruhi persepsi dan pengalaman kita terhadap objek tersebut. Meskipun tidak secara khusus membahas UI/UX Design, film ini memberikan pemahaman yang dalam tentang pentingnya desain dalam membentuk interaksi manusia dengan objek di sekitar mereka.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Helvetica (2007)

Film ini menggali sejarah dan signifikansi dari jenis huruf Helvetica dalam desain grafis. Meskipun lebih berfokus pada desain grafis daripada UI/UX Design, film ini memberikan wawasan yang menarik tentang bagaimana elemen-elemen desain, termasuk jenis huruf, dapat memengaruhi pengalaman pengguna.

3. Design Disruptors (2016)

Film ini menyoroti peran desain dalam mempengaruhi produk dan layanan di berbagai industri. Melalui wawancara dengan para desainer terkemuka, film ini membahas bagaimana desain berkontribusi pada kesuksesan perusahaan dan mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

4. Abstract: The Art of Design (2017)

Seri dokumenter ini menyoroti kisah-kisah inspiratif dari para desainer terkemuka di berbagai bidang, termasuk desain produk, desain grafis, dan desain interior. Setiap episode menampilkan wawancara mendalam dan penggambaran visual yang menarik tentang proses kreatif dan filosofi desain para ahli.

5. UX for Good (2015)

Film ini mengikuti sekelompok desainer yang bekerja sama untuk menciptakan solusi desain yang inovatif untuk masalah sosial dan lingkungan. Film ini menyoroti pentingnya desain berkelanjutan dan berfokus pada pengguna dalam menciptakan perubahan positif dalam masyarakat.

6. Design Canada (2018)

Film dokumenter ini mengungkapkan sejarah desain grafis di Kanada dan bagaimana desain telah memengaruhi identitas negara tersebut. Meskipun lebih berfokus pada desain grafis, film ini memberikan perspektif yang menarik tentang bagaimana desain dapat membentuk persepsi publik terhadap suatu entitas.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

7. The Startup Kids (2012)

Film ini mengikuti perjalanan sejumlah pengusaha muda di Silicon Valley dan sekitarnya. Meskipun tidak secara langsung berkaitan dengan desain, film ini memberikan wawasan tentang semangat kewirausahaan dan inovasi, yang merupakan nilai penting dalam desain UI/UX yang sukses.

Kesimpulan

Film-film ini dapat menjadi sumber inspirasi dan wawasan yang berharga bagi para desainer UI/UX. Dengan melihat bagaimana desain memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, kita dapat lebih memahami pentingnya desain yang baik dalam menciptakan pengalaman pengguna yang memuaskan dan memikat.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan