Grit, Skill Kunci untuk Jadi Kandidat Idaman Perusahaan Impian

Grit adalah kemampuan untuk bertahan dan terus berusaha keras dalam mencapai tujuan jangka panjang, meskipun menghadapi rintangan atau kegagalan. Skill ini dianggap sebagai faktor kunci dalam mencapai kesuksesan dalam karier dan kehidupan. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu grit, mengapa grit penting untuk karier, dan cara menumbuhkan grit dalam diri.

Apa Itu Grit?

Grit merupakan konsep yang pertama kali diperkenalkan oleh psikolog Angela Duckworth pada tahun 2007. Menurut Duckworth, grit adalah kombinasi antara ketekunan (perseverance) dan hasrat yang kuat terhadap tujuan jangka panjang (passion). Orang yang memiliki grit cenderung memiliki kemampuan untuk tetap fokus dan berkomitmen pada tujuan mereka, meskipun menghadapi kesulitan atau kegagalan.

Kenapa Grit Penting untuk Karier?

Grit dianggap sebagai skill yang penting dalam mencapai kesuksesan dalam karier. Berikut adalah beberapa alasan mengapa grit penting untuk karier:

  1. Menghadapi Rintangan: Dalam karier, kita akan menghadapi berbagai rintangan dan tantangan. Grit membantu kita untuk tetap bertahan dan berusaha keras meskipun menghadapi kesulitan.
  2. Meningkatkan Kinerja: Orang yang memiliki grit cenderung memiliki kinerja yang lebih baik dalam pekerjaan mereka karena mereka memiliki motivasi dan fokus yang tinggi terhadap tujuan mereka.
  3. Meningkatkan Ketahanan Mental: Grit membantu kita untuk tetap tenang dan terkendali dalam menghadapi tekanan atau situasi sulit dalam karier.
  4. Membangun Kepuasan dalam Pekerjaan: Dengan memiliki grit, kita cenderung lebih puas dengan pekerjaan kita karena kita memiliki motivasi dan komitmen yang kuat terhadap tujuan kita.
  5. Meningkatkan Kemungkinan Kesuksesan: Orang yang memiliki grit cenderung lebih berhasil dalam mencapai tujuan jangka panjang mereka karena mereka tidak mudah menyerah meskipun mengalami kegagalan.

Cara Menumbuhkan Grit dalam Diri

Meskipun grit dianggap sebagai karakteristik yang relatif stabil, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menumbuhkan grit dalam diri kita:

  1. Tetap Fokus pada Tujuan: Tentukan tujuan jangka panjang yang ingin kita capai dalam karier kita, dan tetap fokus pada tujuan tersebut meskipun menghadapi rintangan atau kegagalan.
  2. Tetap Berkomitmen: Berkomitmenlah untuk terus berusaha keras dan bertahan meskipun mengalami kegagalan atau kesulitan.
  3. Belajar dari Kegagalan: Gunakan kegagalan sebagai pembelajaran dan motivasi untuk terus berusaha keras mencapai tujuan kita.
  4. Terus Berkembang: Teruslah belajar dan mengembangkan diri kita untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kita dalam karier.
  5. Mengembangkan Hasrat: Temukan hasrat atau minat yang kuat terhadap bidang atau tujuan karier kita, dan gunakan hasrat tersebut sebagai motivasi untuk terus berusaha.
  6. Mengelola Emosi: Pelajari cara mengelola emosi kita, termasuk stres dan kekecewaan, agar kita dapat tetap fokus dan tenang dalam menghadapi rintangan.

Dengan memiliki grit, kita akan menjadi kandidat yang lebih diinginkan oleh perusahaan impian kita karena memiliki kemampuan untuk bertahan dan terus berusaha keras dalam mencapai tujuan kita. Dalam dunia kerja yang kompetitif, memiliki grit dapat menjadi keunggulan yang besar dalam mencapai kesuksesan dalam karier kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan