Ingin Lebih Efektif dalam Mencatat? Yuk, Kenalan dengan Metode Cornell!

Apa Itu Metode Cornell?

Metode Cornell adalah suatu teknik pencatatan yang dikembangkan oleh Walter Pauk, seorang profesor pendidikan di Cornell University. Tujuan utama dari metode ini adalah untuk membantu siswa mengorganisir informasi secara efektif selama kuliah atau saat membaca teks. Metode ini terkenal karena strukturnya yang sederhana namun efektif dalam membantu siswa memahami dan mengingat informasi dengan lebih baik.

Cara Membuatnya

  1. Bagi Halaman Menjadi Tiga Bagian: Bagi halaman catatan kita menjadi tiga bagian vertikal. Bagian kanan yang lebih besar akan digunakan untuk mencatat informasi utama, sedangkan bagian kiri lebih kecil akan digunakan untuk menulis pertanyaan atau kata kunci.
  2. Catat Informasi Utama: Selama sesi kuliah atau membaca teks, catat informasi utama dalam bagian kanan halaman. Gunakan bahasa kita sendiri dan jangan mencatat setiap kata yang diucapkan, tetapi fokus pada ide-ide kunci dan poin penting.
  3. Tambahkan Pertanyaan atau Kata Kunci: Setelah selesai mencatat informasi utama, gunakan bagian kiri halaman untuk menulis pertanyaan atau kata kunci yang dapat membantu kita mengingat informasi tersebut. Pertanyaan ini dapat membantu kita menguji pemahaman kita dan menjadi panduan saat kita ingin mengulang kembali materi.
  4. Review dan Refleksi: Setelah sesi kuliah selesai atau setelah selesai membaca, luangkan waktu untuk me-review catatan kita. Gunakan bagian bawah halaman untuk menulis ringkasan atau refleksi tentang materi yang telah kita catat. Hal ini dapat membantu memperkuat pemahaman kita tentang materi tersebut.
  5. Menggunakan Catatan Sebagai Alat Belajar: Metode Cornell tidak hanya berguna untuk mencatat informasi selama sesi kuliah atau membaca, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat belajar. Gunakan pertanyaan atau kata kunci yang kita tulis di bagian kiri halaman sebagai alat untuk menguji pemahaman kita. Kemudian, lipat bagian kanan halaman sehingga hanya bagian pertanyaan atau kata kunci yang terlihat, dan coba jawab pertanyaan tersebut dari ingatan kita.

Metode Cornell adalah teknik yang sederhana namun efektif untuk meningkatkan efektivitas pencatatan dan pembelajaran kita. Dengan mengikuti langkah-langkah ini secara konsisten, kita dapat meningkatkan pemahaman kita tentang materi dan meningkatkan kinerja akademis kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan