Ingin Membuat Formulir Survei dengan Typeform? Ikuti Langkah Berikut!

Dalam dunia digital saat ini, survei online telah menjadi alat yang sangat efektif untuk mengumpulkan data dan umpan balik dari berbagai sumber. Salah satu platform yang populer untuk membuat formulir survei yang menarik dan responsif adalah Typeform. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat formulir survei dengan Typeform.

1. Membuat Akun Typeform

Langkah pertama sebelum dapat membuat formulir survei adalah membuat akun di platform Typeform. Pengguna dapat mendaftar menggunakan alamat email atau menghubungkan akun Google atau Facebook mereka. Setelah akun dibuat, pengguna dapat langsung masuk dan memulai proses pembuatan formulir.

2. Memahami Antarmuka Typeform

Setelah masuk, pengguna akan dihadapkan pada antarmuka Typeform yang bersih dan intuitif. Antarmuka ini memungkinkan pengguna membuat formulir tanpa harus memiliki pengetahuan koding. Bagian atas halaman adalah tempat untuk memberikan judul pada formulir, sedangkan bagian bawah berisi elemen-elemen formulir yang dapat ditambahkan.

3. Membuat Pertanyaan dan Jenis-Jenis Pertanyaan

Typeform menawarkan berbagai jenis pertanyaan, termasuk pilihan ganda, isian singkat, skala likert, dan banyak lagi. Pengguna dapat menambahkan pertanyaan dengan mengeklik tombol “Add a question.” Setelah itu, pilih jenis pertanyaan yang diinginkan dan masukkan teks pertanyaan beserta opsi atau jawaban yang relevan.

4. Desain dan Penyesuaian Formulir

Typeform memungkinkan pengguna untuk mendesain formulir mereka agar sesuai dengan kebutuhan merek atau tema tertentu. Pengguna dapat mengubah warna, font, dan mengunggah logo untuk menciptakan tampilan yang konsisten dengan identitas merek atau tujuan survei.

5. Pengaturan Logika dan Lanjutan

Typeform menyediakan fitur logika formulir yang memungkinkan pengguna membuat pertanyaan tergantung pada jawaban sebelumnya. Ini memastikan bahwa pengalaman pengisian formulir menjadi lebih dinamis dan relevan. Selain itu, pengguna dapat mengatur pengaturan formulir lanjutan, seperti aturan penukaran dan konfirmasi.

6. Membagikan dan Mengumpulkan Data

Setelah formulir selesai dibuat, pengguna dapat membagikannya dengan mengundang responden melalui email, tautan, atau menanam formulir di situs web. Typeform juga menyediakan analisis real-time untuk melihat perkembangan survei dan merinci hasil dengan grafik dan diagram.

7. Menggunakan Integrasi dan Aplikasi Pihak Ketiga

Typeform mendukung integrasi dengan berbagai aplikasi dan layanan pihak ketiga, seperti Google Sheets, Slack, atau Mailchimp. Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengelola data survei dengan lebih efisien.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, siapa pun dapat dengan mudah membuat formulir survei yang menarik dan profesional menggunakan Typeform. Platform ini tidak hanya memudahkan proses pembuatan formulir, tetapi juga memberikan fleksibilitas dan fungsionalitas yang diperlukan untuk mengumpulkan data dengan efektif.

Mari terus belajar dan kembangkan skill diĀ https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan