Interview Pertama Kali? Siapa Takut!

Wawancara kerja pertama kali bisa bikin deg-degan, tapi nggak perlu khawatir! Dengan persiapan yang matang, kita bisa menghadapinya dengan tenang dan percaya diri.
Yuk, simak beberapa tips menghadapi interview pertama kali agar kita lebih siap dan sukses saat pelaksanaannya!

1. Pelajari Perusahaan dan Posisi yang Dilamar

Sebelum wawancara, cari tahu sebanyak mungkin tentang perusahaan dan posisi yang dilamar. Kenali sejarah, budaya, dan nilai-nilai perusahaan. Selain itu, pahami juga tugas dan tanggung jawab yang akan kita jalani di posisi tersebut. Informasi ini akan membantu kita memberikan jawaban yang lebih relevan dan meyakinkan.

2. Persiapkan Jawaban untuk Pertanyaan Umum

Pastikan kita siap dengan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan umum seperti “ceritakan tentang dirimu”, “apa kelebihan dan kelemahanmu”, dan “mengapa kamu tertarik dengan posisi ini”. Persiapkan jawaban-jawaban ini dengan jujur. Agar terbiasa, kita bisa meatih pertanyaan dan jawaban-jawaban tersebut dengan teman atau anggota keluarga.

3. Kenali Diri dan Tujuan Karir Kedepan

Sebelum wawancara, luangkan waktu untuk merenungkan diri sendiri dan tujuan karir kita kedepan. Kenali kelebihan dan kelemahan, serta nilai-nilai yang kita pegang. Tentukan pula apa yang akan kita capai dalam karir. Punya pemahaman yang jelas tentang diri sendiri dan tujuan akan membantu kita menjawab pertanyaan dengan lebih mantap.

4. Berlatih Komunikasi yang Santun

Komunikasi yang baik sangat penting dalam wawancara kerja. Latihlah keterampilan komunikasi dengan teman atau keluarga. Perhatikan bahasa tubuh, intonasi suara, dan kemampuan kita mendengarkan dengan baik. Ingatlah untuk menjadi diri sendiri itu penting, jadi tidak perlu berusaha terlalu keras untuk tampil sempurna.

5. Pakai Pakaian yang Sesuai

Pilihan pakaian juga bisa berpengaruh pada kesan pertama rekruter terhadap kita. Pilihlah pakaian yang rapi, nyaman, dan sesuai dengan budaya perusahaan yang kita lamar. Tidak perlu pakai yang terlalu formal, asal terlihat profesional dan pantas untuk kesempatan tersebut.

6. Tampil dengan Percaya Diri dan Ramah

Tunjukkan sikap yang santun dan percaya diri selama wawancara. Sambut pewawancara dengan senyuman, berjabat tangan dengan mantap, dan bicara dengan tenang. Percayalah, kesan positif yang kita tampilkan akan mempengaruhi suasana interview.

7. Ajukan Pertanyaan yang Cerdas

Jangan lupa untuk bertanya kepada rekruter pada akhir sesi. Ajukan beberapa pertanyaan yang relevan dan menunjukkan minat kita pada perusahaan dan posisi tersebut. Hal ini akan menunjukkan bahwa kita serius dan peduli dengan kesempatan yang kita lamar.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kita akan lebih siap dan percaya diri menghadapi wawancara kerja pertama kali. Ingatlah untu menjadi diri sendiri dan tetap tenang dalam menjawab setiap pertanyaan. Semoga berhasil!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan