Jangan Bingung, Ini 5 Cara Ampuh untuk Cek Progres Lamaran Kerja Kita

Mengirimkan lamaran pekerjaan adalah langkah pertama yang penting dalam mencari pekerjaan. Namun, setelah mengirimkan lamaran, seringkali kita merasa bingung tentang bagaimana cara mengetahui progres dari lamaran yang telah kita kirimkan. Berikut adalah lima cara ampuh untuk kita mengecek progres dari lamaran kerja kita:

1. Tandai Tanggal Pengiriman

Langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah menandai tanggal pengiriman lamaran kerja kita. Dengan melakukan hal ini, kita dapat dengan mudah melacak waktu yang telah berlalu sejak kita mengirimkan lamaran. Jika telah melewati waktu yang cukup lama tanpa adanya tanggapan dari perusahaan, kita dapat mempertimbangkan untuk mengirimkan follow-up atau mengecek status lamaran kita.

2. Cek Situs Web Perusahaan

Seringkali, perusahaan akan memberikan informasi tentang proses rekrutmen mereka dan cara untuk mengecek status lamaran kerja melalui situs web mereka. Kita dapat berkunjung ke bagian karier atau rekrutmen pada situs web perusahaan tersebut untuk mencari informasi terkait progres lamaran kerja kita. Beberapa perusahaan bahkan menyediakan portal khusus di mana kita dapat memantau status lamaran secara real-time.

3. Hubungi HR atau Pihak yang Bertanggung Jawab

Jika kita belum mendapatkan informasi yang kita perlukan setelah beberapa waktu, tidak ada salahnya untuk menghubungi departemen HR atau pihak yang bertanggung jawab atas proses rekrutmen di perusahaan tersebut. Kita dapat mengirimkan email atau membuat panggilan telepon yang sopan untuk menanyakan tentang progres lamaran kerja kita. Pastikan kita mencantumkan nomor referensi atau ID lamaran yang diberikan pada saat pengiriman lamaran.

4. Tunggu Pemberitahuan Melalui Email atau Telepon

Beberapa perusahaan mungkin akan memberikan pemberitahuan tentang status lamaran kerja kita melalui email atau telepon. Oleh karena itu, penting untuk terus memantau kotak masuk email dan nomor telepon yang telah kita cantumkan pada saat pengiriman lamaran. Jika kita menerima panggilan atau email dari perusahaan terkait, segeralah meresponsnya dan tanyakan informasi terkait progres lamaran kita.

5. Gunakan Platform Pihak Ketiga

Terdapat juga beberapa platform pihak ketiga yang dapat membantu kita melacak progres lamaran kerja kita secara lebih efisien. Beberapa platform ini menyediakan fitur untuk mengelola dan memantau lamaran kerja kita ke berbagai perusahaan secara bersamaan. Kita dapat menggunakan platform ini untuk mengetahui status lamaran kita dan mendapatkan pembaruan secara reguler.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat mengurangi rasa bingung dan kekhawatiran tentang progres dari lamaran kerja kita. Ingatlah bahwa proses rekrutmen membutuhkan waktu dan kesabaran, namun dengan cara ini kita dapat tetap mengontrol dan mengetahui status dari setiap langkah dalam proses tersebut.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan