Jangan Katakan 7 Hal Ini saat Performance Review

Performance review merupakan momen penting bagi kita sebagai profesional untuk mengevaluasi kinerja dan mencari cara untuk berkembang. Namun, terkadang kita tanpa disadari bisa mengucapkan kalimat-kalimat yang tidak tepat, yang mungkin dapat merusak suasana atau menghambat kemajuan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tujuh kalimat yang sebaiknya dihindari saat melakukan performance review.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

1. “Kesalahan itu manusiawi.”

Meskipun benar bahwa setiap orang dapat membuat kesalahan, menggambarkan kesalahan sebagai “manusiawi” dapat menurunkan standar kinerja. Sebagai gantinya, kita dapat mengakui kesalahan tetapi fokus pada pembelajaran dari kesalahan tersebut dan langkah-langkah untuk memperbaikinya di masa depan.

2. “Itu bukan tanggung jawab saya.”

Berbicara tentang tanggung jawab secara negatif dapat menciptakan atmosfer defensif. Sebagai gantinya, kita dapat mencari solusi bersama untuk menyelesaikan masalah atau mengatasi tantangan yang mungkin terjadi.

3. “Saya tidak punya waktu untuk itu.”

Menggunakan alasan waktu sebagai pembenaran untuk menolak tanggung jawab baru dapat memberikan kesan ketidakberanian atau ketidakfleksibilitasan. Sebaliknya, kita bisa menyatakan kebutuhan kita untuk mengatur ulang prioritas atau meminta bantuan dalam menyelesaikan tugas tambahan.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca Graphic Designer di sini.

4. “Saya pikir ini tidak adil.”

Mengungkapkan perasaan ketidakadilan mungkin dapat mengganggu dialog konstruktif. Sebagai alternatif, kita dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan argumen yang mendukung pandangan kita, dengan tetap mempertahankan sikap terbuka untuk mendengarkan sudut pandang lainnya.

5. “Saya hanya melakukan apa yang diminta.”

Mengacu hanya pada tugas-tugas yang diberikan tanpa inisiatif tambahan dapat memberikan kesan bahwa kita kurang berkomitmen atau kurang ambisius. Sebaliknya, kita dapat menyoroti pencapaian kita serta inisiatif yang telah kita ambil untuk meningkatkan kinerja atau memberikan kontribusi yang lebih besar.

6. “Tidak ada yang memberi tahu saya tentang itu.”

Menyalahkan kurangnya informasi sebagai alasan untuk ketidakmengertian atau kegagalan dalam menjalankan tugas dapat menimbulkan kesan ketidakterlibatan. Sebagai gantinya, kita bisa aktif mencari informasi yang diperlukan atau mengkomunikasikan kebutuhan akan arahan yang lebih jelas.

7. “Ini tidak masalah.”

Mengabaikan atau meremehkan masalah yang mungkin timbul dapat menghambat pertumbuhan dan perbaikan. Sebaliknya, kita dapat menunjukkan kesiapan untuk menangani masalah dan bekerja sama untuk menemukan solusi yang memuaskan bagi semua pihak.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Dalam melakukan performance review, penting bagi kita untuk mengkomunikasikan umpan balik dengan jelas dan secara konstruktif. Dengan menghindari penggunaan kalimat-kalimat yang tidak tepat, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan pengembangan profesional bagi kita semua.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan