Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan CV dan Resume!

Dalam dunia pencarian kerja, CV (Curriculum Vitae) dan resume seringkali digunakan secara bergantian, namun keduanya memiliki perbedaan yang penting dalam konteks penggunaannya. Memahami perbedaan antara CV dan resume adalah kunci untuk menyusun dokumen yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi perusahaan atau institusi yang dilamar.
Berikut My Skill rangkum tentang penjelasan tentang perbedaan antara keduanya. Yuk simak!.

1. Apa itu CV?

CV adalah singkatan dari Curriculum Vitae, yang dalam bahasa Latin berarti “perjalanan hidup”. CV merupakan dokumen yang merinci riwayat hidup seorang individu secara komprehensif, mencakup informasi tentang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, publikasi, penghargaan, dan aktivitas lainnya yang relevan dengan karier seseorang. CV biasanya lebih panjang dan terperinci daripada resume, dan sering digunakan dalam konteks akademis atau profesional.

2. Apa itu Resume?

Resume adalah ringkasan singkat dari kualifikasi, pengalaman kerja, dan keterampilan seorang individu yang relevan dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Resume dirancang untuk memberikan gambaran yang cepat dan ringkas kepada rekruter tentang kemampuan dan pencapaian pelamar yang paling relevan dengan posisi yang sedang dibuka. Biasanya lebih pendek dari CV, resume umumnya hanya satu halaman atau dua halaman.

3. Perbedaan Resume dan CV

Berikut adalah perbedaan mendasar antara resume dan CV:

a. Panjang dan Isi: CV cenderung lebih panjang dan terperinci, mencakup semua detail pendidikan dan pengalaman kerja, sementara resume lebih singkat dan fokus pada informasi yang paling relevan dengan posisi yang dilamar.

b. Tujuan: CV biasanya digunakan dalam konteks akademis atau profesional, sedangkan resume digunakan dalam konteks pekerjaan di sektor swasta atau industri tertentu.

c. Struktur dan Format: CV memiliki struktur yang lebih fleksibel dan format yang lebih detail, sementara resume memiliki struktur yang lebih standar dan format yang lebih terstruktur.

d. Kesesuaian dengan Posisi yang Dilamar: CV cocok untuk posisi-posisi yang memerlukan kualifikasi dan pengalaman yang luas, sedangkan resume cocok untuk posisi-posisi yang memerlukan keterampilan spesifik dan pengalaman kerja yang terkait langsung dengan pekerjaan yang sedang dibuka.

e. Penggunaan di Berbagai Negara: Istilah “CV” lebih umum digunakan di beberapa negara seperti Inggris, Eropa, dan Australia, sementara istilah “resume” lebih umum digunakan di Amerika Serikat.

4. Perbedaan Penggunaan

CV sering digunakan untuk melamar posisi akademis, penelitian, atau manajemen tingkat atas, sementara resume lebih umum digunakan untuk melamar posisi di sektor swasta atau industri tertentu. Penggunaan yang tepat dari CV atau resume tergantung pada kebutuhan dan preferensi perusahaan atau institusi yang dilamar, serta jenis posisi yang sedang dibuka.

Dengan memahami perbedaan antara CV dan resume, kita dapat menyusun dokumen yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi perusahaan atau institusi yang kita lamar. Pastikan untuk memilih format yang paling sesuai dengan posisi yang kita inginkan dan gunakan dokumen tersebut untuk menyoroti kualifikasi dan pengalaman terbaik kita. Semoga berhasil!.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan