Kenali 7 Jenis Graphic Design dan Perbedaannya!

2 min read

Graphic design memiliki beberapa jenis

Graphic design merupakan proses komunikasi dalam bentuk visual, seperti ilustrasi, tipografi, ataupun fotografi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada audiens. Lebih spesifiknya, desain grafis dapat menciptakan persepsi tertentu mengenai pesan dalam suatu produk. Oleh karena itu, banyak yang menyebut bidang ini sebagai desain komunikasi visual.

Dalam era serba digital seperti sekarang, keberadaan desainer grafis sangat dibutuhkan karena bentuk komunikasi visual dianggap jauh lebih efektif. Oleh sebab itu, tidak heran jika graphic design terdiri dari berbagai macam.

Nah, dalam artikel ini, MySkill akan membahas tentang jenis-jenis desain grafis. Jika kamu tertarik dalam bidang ini, pastikan baca artikelnya sampai habis untuk menentukan mana yang paling pas untuk kamu tekuni. Yuk, kita bahas!

1. Visual Identity Graphic Design

Logo adalah produk dari desain grafis
Logo adalah contoh visual identity

Desainer jenis ini berkaitan dengan pembuatan identitas merek yang menjadi hal dasar bagi setiap organisasi dan bisnis, baik kecil maupun besar. Seorang desainer yang menekuni bidang ini akan bekerja sama dengan klien untuk menciptakan sebuah aset, seperti logo, tipografi, palet warna, dan gambar yang mewakili organisasi atau bisnis mereka.

2. Desain Grafis Pemasaran

Desain grafis memengaruhi pemasaran produk
Produk perlu promosi yang menarik

Setiap perusahaan tentu memerlukan promosi agar masyarakat lebih aware mengenai barang atau jasa yang baru diluncurkan. Oleh karena itu, perusahaan menggunakan jasa desainer grafis pemasaran untuk melakukan kampanye iklan dan promosi usaha. Tentu saja, konten visual yang unik, menarik, serta ide yang cemerlang akan memengaruhi orang dalam memutuskan untuk membeli sebuah produk.

3. User Interface Design

UI design adalah jenis graphic design
UI design adalah salah satu jenis desain grafis

User Interface (UI) adalah pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan sebuah aplikasi. UI design berfokus terhadap desain komponen sebuah perangkat lunak, misalnya button, menu, dan micro-interaction. Seorang UI designer perlu memastikan kenyamanan visual pengguna saat menggunakan aplikasi tersebut.

Baca juga: Desain User Interface: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya untuk Bisnis

4. Packaging Design

Graphic design memberi added value pada kemasan produk
Packaging yang baik akan menarik konsumen

Kemasan merupakan komponen penting dalam pemasaran yang berfungsi untuk melindungi dan menyimpan produk serta memberikan added value apabila desainnya menarik.

Packaging juga bisa menjadi alat marketing yang efektif. Oleh karena itu, setiap botol, kaleng, boks, tas, pouch, atau jenis kemasan lainnya memerlukan packaging designer yang baik agar tampilan visualnya menarik sehingga dapat memikat perhatian calon pembeli produk.

5. Desain Publikasi

Desainer publikasi membuat konten visual pada buku
Cover buku adalah rancangan desainer publikasi

Ketika kamu melihat sebuah konten visual yang menarik di sebuah majalah atau melihat sampul buku yang keren, artinya kamu melihat hasil kerja seseorang di bidang desain publikasi. Jenis yang satu ini bertugas membuat karya visual pada buku, koran, majalah, dan katalog, baik dalam bentuk cetak maupun digital.

Desainer grafis publikasi biasanya bekerja sama dengan editor dan penerbit untuk menciptakan pengalaman visual pembaca menjadi lebih berkesan dengan sentuhan artistiknya. Tugasnya antara lain membuat layout dengan memperhatikan tipografi, ilustrasi, fotografi, dan elemen-elemen lainnya.

Baca juga: 10 Skill Ini Wajib Dimiliki agar Menjadi Desainer Grafis yang Sukses

6. Motion Graphic Design

Motion graphic designer membuat karya grafis bergerak
Gambar yang bergerak akan lebih menarik

Sesuai dengan namanya, “motion” berarti gerakan. Motion graphic merupakan penggabungan dari citra visual, audio, video, dan berbagai efek lain dengan menggunakan animasi yang bergerak. Orang yang terjun di bidang ini bertugas untuk membuat karya grafis yang dinamis dan menarik.

Cakupan pekerjaan profesi ini juga cukup luas. Mulai dari industri animasi, hiburan, musik, video game, marketing, website, aplikasi, dan lainnya.

7. Environmental Graphic Design

Environmental graphic designer memberi identitas pada suatu tempat
Desainer grafis lingkungan membuat karya visual untuk sebuah ruangan

Ketika kamu sedang berada di sebuah mall, pemandangan seperti gambar di atas pasti terlihat tidak asing, bukan? Nah, yang melakukan pekerjaan ini adalah environmental graphic designer.

Ini merupakan jenis desain grafis yang bentuk visualnya berhubungan dengan komunikasi publik terhadap lingkungan atau suatu tempat tertentu, misalnya arsitektur, interior, dan lanskap.

Hal tersebut tidak terlepas dari tujuan environmental graphic design, yaitu meningkatkan pengalaman khalayak secara keseluruhan dengan membuat ruangan yang menarik, berkesan, informatif, dan ternavigasi dengan lebih baik. Contoh produk desain dari jenis ini antara lain navigasi transportasi umum dan mural dinding. 

Itu dia pembahasan mengenai tujuh jenis graphic design dari MySkill. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan membantu kamu dalam memilih mana yang paling cocok untuk ditekuni. Nah, jika kamu tertarik mendalami bidang ini, MySkill menyediakan kelas Fondasi Dasar Desain Grafis yang bisa kamu akses dengan harga yang terjangkau. Ayo, segera beli kelasnya!

Baca juga: Adobe Illustrator: Tools Penyokong Desain Grafis

Editor: Wahda Nur Lestari