Jenjang Karir Product Manager, Apa Saja?

Seorang Product Manager adalah individu yang memiliki tanggung jawab utama dalam mengembangkan dan mengelola produk atau layanan dari konsep hingga peluncuran. Namun, karir seorang Product Manager tidaklah statis, melainkan berkembang seiring dengan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki. Berikut adalah berbagai jenjang karir Product Manager yang perlu Kita ketahui.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

1. Associate Product Manager

Posisi Associate Product Manager biasanya merupakan pintu masuk bagi individu yang baru memulai karir mereka dalam manajemen produk. Mereka biasanya bertanggung jawab untuk membantu Product Manager senior dalam tugas-tugas sehari-hari, seperti pengumpulan data, analisis pasar, dan pemeliharaan backlog produk.

2. Product Manager

Sebagai Product Manager, individu tersebut memiliki tanggung jawab utama dalam mengelola siklus hidup produk, mulai dari perencanaan hingga peluncuran. Mereka bertanggung jawab atas pengembangan strategi produk, koordinasi dengan tim lintas fungsional, dan memastikan produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pasar dan pelanggan.

3. Senior Product Manager

Seorang Senior Product Manager memiliki tingkat pengalaman yang lebih tinggi daripada Product Manager biasa. Mereka biasanya memiliki tanggung jawab yang lebih luas dan mungkin memimpin tim produk atau mengelola produk-produk yang lebih kompleks. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi jangka panjang dan meningkatkan efisiensi pengelolaan produk.

4. Lead Product Manager

Seorang Lead Product Manager adalah individu yang memimpin tim produk atau beberapa tim produk di sebuah perusahaan. Mereka bertanggung jawab atas strategi produk keseluruhan perusahaan dan memastikan semua produk yang dikembangkan sesuai dengan visi dan tujuan perusahaan. Mereka juga berperan sebagai penghubung antara tim produk dengan manajemen senior.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

5. Director of Product Management

Posisi Director of Product Management adalah posisi manajemen tingkat tinggi yang bertanggung jawab atas pengembangan strategi produk untuk seluruh organisasi. Mereka biasanya memiliki pengaruh besar dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan dan memimpin tim produk dari berbagai divisi atau departemen.

6. Vice President of Product Management

Seorang Vice President of Product Management adalah eksekutif senior yang memiliki tanggung jawab atas strategi produk perusahaan secara keseluruhan. Mereka bekerja sama dengan manajemen eksekutif lainnya untuk mengembangkan visi jangka panjang perusahaan dan memastikan produk-produk yang dikembangkan mendukung tujuan tersebut.

7. Chief Product Officer (CPO)

Posisi Chief Product Officer adalah posisi tertinggi dalam hierarki manajemen produk sebuah perusahaan. Mereka adalah eksekutif senior yang bertanggung jawab atas semua aspek pengembangan produk, strategi, dan inovasi perusahaan. Mereka juga berperan sebagai penghubung antara tim produk dengan manajemen eksekutif dan dewan direksi.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Berbagai jenjang karir Product Manager menawarkan beragam peluang untuk pertumbuhan dan pengembangan profesional. Dari Associate Product Manager hingga Chief Product Officer, setiap tahap dalam karir ini membutuhkan keterampilan, pengalaman, dan kepemimpinan yang berbeda. Dengan pemahaman yang baik tentang berbagai jenjang karir ini, Kita dapat merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk mencapai tujuan karir Kita dalam manajemen produk.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan