Kenalan dengan Spaces, Fitur Terbaru Twitter yang Mirip Clubhouse

Twitter terus berinovasi dengan menghadirkan fitur terbaru yang dinamakan “Spaces.” Fitur ini menawarkan pengalaman audio live yang mirip dengan aplikasi populer Clubhouse. Mari kita lebih lanjut mengenal Twitter Spaces, apa fungsi utamanya, dan bagaimana perbandingannya dengan Clubhouse.

Apa Itu Twitter Spaces?

Twitter Spaces adalah platform obrolan suara langsung yang memungkinkan pengguna Twitter untuk membuat dan bergabung dalam ruang obrolan. Fitur ini didesain untuk memberikan pengalaman live audio yang interaktif dan mudah diakses. Pengguna dapat membuat “ruang” audio dan mengundang pengikut mereka untuk bergabung, berbagi ide, atau mendiskusikan topik tertentu secara real-time.

Twitter Spaces memiliki konsep yang terbuka dan inklusif, memungkinkan siapa pun untuk menjadi pendengar atau pembicara. Saat seseorang membuka Twitter Spaces, pengikutnya akan mendapatkan notifikasi, dan mereka dapat bergabung dengan obrolan tersebut dengan satu ketukan.

Fungsi Twitter Spaces
  1. Membuat Ruang Obrolan:
    Pengguna Twitter dapat membuat ruang obrolan audio dengan beberapa langkah mudah. Mereka cukup membuka aplikasi Twitter, membuat tweet, lalu ketuk ikon Spaces yang terlihat seperti wajah manusia dengan gelombang suara di sebelahnya. Setelah itu, pengguna dapat memilih siapa saja yang dapat bergabung dalam obrolan tersebut.
  2. Bergabung dan Mendengarkan:
    Selain membuat, pengguna juga dapat bergabung dengan Spaces yang dibuat oleh pengguna lain. Ini memungkinkan mereka untuk mendengarkan pembicaraan atau diskusi yang sedang berlangsung, membuat pengalaman pengguna lebih dinamis dan menarik.
  3. Fitur Moderator:
    Pemilik ruang Spaces memiliki kontrol penuh atas obrolan. Mereka dapat memilih untuk memberikan moderator kepada beberapa peserta untuk membantu mengelola obrolan, memberi izin untuk berbicara, atau mengeluarkan peserta yang tidak sesuai.
  4. Reaksi dan Emoji:
    Pendengar dalam Twitter Spaces dapat memberikan reaksi berupa emoji seperti tangan mengangkat atau hati untuk menunjukkan dukungan atau persetujuan terhadap pembicaraan yang sedang berlangsung.
Twitter Spaces vs Clubhouse

Meskipun Twitter Spaces dan Clubhouse menawarkan pengalaman audio live, ada beberapa perbedaan antara keduanya.

  1. Basis Pengguna:
    Clubhouse awalnya eksklusif untuk pengguna iOS, tetapi kemudian memperluas ke Android. Twitter Spaces, di sisi lain, lebih inklusif dan dapat diakses oleh pengguna Android dan iOS.
  2. Jangkauan Pengguna:
    Twitter Spaces memiliki keunggulan dalam hal basis pengguna yang lebih besar karena terintegrasi langsung dengan platform Twitter yang sudah populer. Clubhouse, walaupun mendapat popularitas awal, masih mencoba menjangkau lebih banyak pengguna.
  3. Fleksibilitas Platform:
    Twitter Spaces memanfaatkan basis pengguna Twitter yang sudah ada, memudahkan pengguna untuk berpindah dari tweet ke obrolan audio. Clubhouse, sebagai platform mandiri, mungkin membutuhkan usaha ekstra untuk mengonversi pengguna ke platform tersebut.
  4. Fitur dan Fungsionalitas:
    Kedua platform ini terus mengembangkan fitur dan fungsionalitas mereka. Twitter Spaces, dengan basis pengguna yang besar, mungkin lebih cepat dalam mengadopsi perubahan dan menyediakan pembaruan baru.

Dengan Twitter Spaces, Twitter berusaha untuk tetap relevan dalam tren obrolan audio live, sambil menawarkan keunggulan integrasi dengan platform Twitter yang sudah mapan. Dengan persaingan yang terus berlanjut antara Spaces dan Clubhouse, pengguna dapat memilih platform yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan