Kenalan Lebih Dekat dengan Tools Figma, Yuk!

Kamu sedang mencari sebuah aplikasi yang dapat membantu dalam pengerjaan desain dan user-friendly? Artikel MySkill.id ini akan membahas sebuah aplikasi desain bernama Figma. Mari, berkenalan lebih dekat dengan tools Figma!

1. Apa Itu Figma?

Tools Figma https://www.figma.com/
Kenalan sama Figma, yuk!

Pertama, tentu kamu harus tahu dulu Figma itu aplikasi apa, sih? Figma adalah aplikasi desain berbasis cloud dan alat prototyping untuk project digital. Figma dapat membantu para penggunanya berkolaborasi dalam suatu project atau pekerjaan dengan banyak pengguna secara real-time dan di mana saja.

Aplikasi ini beroperasi pada sistem desktop untuk Mac OS dan Windows. Aplikasi pendamping Figma Mirror untuk Android dan iOS memungkinkan pengguna mendemonstrasi prototype Figma pada perangkat seluler.

Figma berfokus pada penggunaan antarmuka pengguna dan kolaborasi waktu secara nyata (realtime).

Selain itu, Figma juga merupakan aplikasi desain UI dan UX yang dapat kamu gunakan untuk membuat situs web, aplikasi, atau komponen antarmuka pengguna.

Aplikasi ini mirip dengan Sketch, Adobe XD, dan sejenisnya, tapi yang berbeda adalah kemampuannya untuk mengerjakan project dengan pengguna lain dalam waktu bersamaan.

Bukan hanya itu, Figma juga berkontribusi terhadap beberapa merek besar seperti Slack, Twitter, Zoom, Dropbox, dan Walgreens. Merek-merek tersebut sudah menunjukkan bahwa tools ini mampu memberikan hasil yang berkualitas dan berguna.

Walaupun hingga saat ini banyak pilihan aplikasi lain yang sejenis, tapi Figma masih menjadi opsi paling cocok yang tersedia jika kamu ingin mengerjakan project bersamaan dengan pengguna lain.

2. Fungsi dari Figma

Tools Figma  https://www.figma.com/
Apa sih fungsi dari tools Figma?

Figma adalah tools yang berguna bagi siapa saja dalam pekerjaan di ranah desain digital. Hal ini terbukti dengan kemampuannya dalam memudahkan pengguna memasarkan produk desain kepada klien atau calon pembeli.

Namun secara umum, Figma lebih terkenal untuk mereka yang bekerja dalam project tim yang lebih kolaboratif dan aktif. Ini sesuai dengan fungsi andalan tools Figma yang berguna secara realtime dengan banyak pengguna.

Figma menampilkan keunggulan banyak fitur, alat desain, dan prototype yang tidak ada pada alat sejenisnya. Oleh karena itu, Figma menjadi pilihan favorit dibandingkan dengan fitur pada tools lain.

Selain itu, fitur-fitur Figma juga terbukti dapat menghemat waktu dalam membuat project kerja sama tim berjalan lebih lancar.

Baca juga: Ini Dia 4 Aplikasi Wajib Buat Kamu yang Ingin Menjadi Designer UI/UX!

3. Fitur- fitur dalam Figma

Tools Figma https:/www.figma.com/
Figma beserta fitur-fiturnya

Figma memiliki berbagai jenis fitur yang berguna untuk keperluan desain UI dan UX kamu.  Fitur-fitur Figma di antaranya adalah:

  • Alat pena modern yang memungkinkan kamu menggambar ke segala arah.
  • Fitur font Open Type.
  • Automatedtask melalui plugin untuk banyak elemen dalam mempercepat project.
  • Selection Tools dengan penyesuaian otomatis untuk pengaturan jarak, pengaturan, dan pengorganisasian.
  • Metode dan kemampuan fleksibel yang menghemat waktu.
  • Kemampuan membuat sistem dan komponen desain.
  • Drag and Drop dengan akses mudah.
  • Kemampuan untuk mewadahi banyak pengguna tanpa batas dalam satu project.
  • Kemampuan memeriksa file desain dan grab code snippets.
  • Fitur Export yang memiliki tautan langsung (bukan hanya format PDF).
  • Desain interaksi dan prototype yang optimal pada perangkat seluler.
  • Animasi cerdas untuk menghubungkan objek dan transisi.
  • Komentar tersemat (embedded comment).
  • Kemampuan untuk menyunting bersama banyak pengguna secara real-time.
  • Version History yang memungkinkan kamu mengetahui segala sesuatu atau progres yang telah berubah dan siapa saja yang mengubahnya.

Nah, itulah tadi penjelasan terkait tools Figma. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut perihal Figma, MySkill.id memiliki sebuah kelas pelatihan untuk tutorial penggunaan tools Figma, loh.

Dalam kelas tersebut, kamu akan mendapat banyak pengetahuan dan tentunya skill mengenai tools Figma. Yuk, segera cek!

Editor: Putrika Annaya Salsabila

Baca juga: Software Desain UI yang Wajib Kamu Ketahui!