Ketahui Apa Itu Reference Check dan 5 Tips Mempersiapkannya

Apa Itu Reference Check?

Reference check merupakan proses di mana calon employer melakukan pengecekan terhadap referensi yang disediakan oleh kandidat selama proses rekrutmen. Tujuannya adalah untuk memverifikasi informasi yang tercantum dalam CV atau resume kandidat, serta untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kualitas dan kinerja kandidat dari sudut pandang pihak lain.

Siapa yang Bisa jadi Referensi untuk Kita?

Referensi yang baik adalah individu atau profesional yang memiliki pemahaman yang baik tentang kualitas kerja dan karakter kita. Biasanya, referensi ini termasuk mantan atasan langsung, rekan kerja, atau bahkan klien atau pelanggan jika relevan. Pilihlah referensi yang dapat memberikan testimoni yang kuat dan positif tentang kualifikasi, kinerja, dan kepribadian kita.

Tips Mempersiapkan Reference Check

  1. Pilih Referensi dengan Bijak: Pilihlah referensi yang dapat memberikan testimoni yang kuat dan positif tentang kualifikasi dan kinerja kita. Pastikan untuk meminta izin mereka terlebih dahulu sebelum menunjukkannya sebagai referensi.
  2. Komunikasikan dengan Referensi: Beri tahu referensi kita tentang posisi yang kita lamar dan mengapa kita merasa mereka adalah orang yang tepat untuk memberikan testimoni tentang kita. Berikan informasi tentang pekerjaan yang kita lamar dan berikan contoh-contoh spesifik tentang kualifikasi dan prestasi kita.
  3. Berikan Informasi yang Jelas: Berikan informasi yang jelas kepada referensi tentang siapa yang akan menghubungi mereka, kapan, dan dalam konteks apa. Pastikan mereka siap untuk memberikan testimoni yang positif dan dapat memberikan informasi yang akurat.
  4. Siapkan Referensi dengan Pertanyaan yang Mungkin Diajukan: Berikan referensi kita dengan daftar pertanyaan yang mungkin diajukan oleh calon employer. Ini dapat membantu mereka mempersiapkan jawaban yang tepat dan memastikan testimoni yang konsisten.
  5. Ucapkan Terima Kasih: Setelah proses reference check selesai, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada referensi kita atas waktu dan kerjasamanya. Berikan apresiasi atas dukungan dan testimoni positif yang telah mereka berikan.

Dengan mempersiapkan reference check dengan baik, kita dapat meningkatkan kesempatan kita untuk sukses dalam proses rekrutmen. Ingatlah bahwa testimoni yang kuat dan positif dari referensi dapat memberikan tambahan nilai yang besar dalam memperkuat profil kita di mata calon employer.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan