Ketahui Apa Itu Zoom Webinar dan Cara Menggunakannya

Zoom Webinar telah menjadi salah satu alat komunikasi dan kolaborasi online yang paling populer, terutama dalam konteks kerja jarak jauh dan pendidikan online. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa itu Zoom Webinar, kelebihannya, serta cara membuat dan mengikuti webinar menggunakan platform Zoom ini.

Apa Itu Zoom Webinar?

Zoom Webinar adalah fitur dari platform Zoom yang memungkinkan pengguna untuk mengadakan pertemuan online besar-besaran yang difokuskan pada presentasi, seminar, atau acara publik lainnya. Dibandingkan dengan pertemuan reguler di Zoom, webinar memungkinkan pembicara atau panelis untuk berinteraksi dengan audiens yang lebih besar, sementara audiens memiliki akses terbatas untuk berpartisipasi secara aktif.

Kelebihan Zoom Webinar
  1. Kapasitas Skala Besar: Zoom Webinar dapat menampung ribuan peserta secara bersamaan, menjadikannya pilihan ideal untuk acara besar-besaran.
  2. Kontrol Moderator: Moderator memiliki kontrol penuh atas webinar, termasuk pengaturan acara, pengelolaan peserta, dan penyiaran konten.
  3. Fitur Interaktif: Meskipun dibatasi, audiens masih dapat berinteraksi melalui fitur-fitur seperti polling, tanya jawab, dan polling.
  4. Rekaman Webinar: Zoom Webinar memungkinkan pengguna untuk merekam webinar, sehingga peserta yang tidak dapat hadir secara langsung dapat menonton rekaman nantinya.
  5. Integrasi dengan Platform Lain: Zoom Webinar dapat diintegrasikan dengan platform lain seperti YouTube dan Facebook Live untuk memperluas jangkauan acara.
Cara Membuat Webinar di Zoom
  1. Buka Aplikasi Zoom: Mulailah dengan membuka aplikasi Zoom di perangkat Anda dan masuk ke akun Anda.
  2. Pilih Fitur Webinar: Setelah masuk, pilih opsi “Webinar” dari menu utama Zoom.
  3. Buat Webinar Baru: Klik tombol “Plan a Webinar” untuk membuat webinar baru. Isi detail webinar seperti judul, tanggal, waktu, dan deskripsi acara.
  4. Atur Pengaturan: Sesuaikan pengaturan webinar sesuai kebutuhan Anda, termasuk izin peserta, opsi interaktif, dan fitur tambahan lainnya.
  5. Undang Pembicara dan Panelis: Undang pembicara dan panelis dengan memberikan tautan undangan atau mengirimkan undangan langsung melalui email.
  6. Jadwalkan Webinar: Setelah semua pengaturan selesai, jadwalkan webinar Anda dengan menekan tombol “Schedule”.
Cara Mengikuti Webinar di Zoom
  1. Terima Undangan: Jika Anda menerima undangan webinar melalui email atau kalender, klik tautan undangan untuk bergabung dengan webinar.
  2. Masuk ke Webinar: Setelah mengklik tautan undangan, Anda akan diarahkan ke aplikasi Zoom atau browser web tempat webinar sedang berlangsung. Masukkan informasi login jika diminta.
  3. Ikuti Petunjuk Moderator: Ikuti petunjuk yang diberikan oleh moderator webinar. Ini mungkin termasuk mematikan mikrofon, mengaktifkan kamera, atau mengajukan pertanyaan melalui fitur chat.
  4. Interaksi dengan Konten: Jika moderator memungkinkan, interaksikan dengan konten webinar melalui fitur-fitur seperti polling, tanya jawab, atau voting.
  5. Nikmati Webinar: Nikmati acara webinar dan manfaatkan kesempatan untuk belajar dan berpartisipasi.

Dengan memahami apa itu Zoom Webinar dan langkah-langkah untuk membuat serta mengikuti webinar, kita dapat memanfaatkan platform ini untuk mengadakan atau menghadiri acara online dengan mudah. Dengan kelebihannya yang meliputi kapasitas skala besar, kontrol moderator, fitur interaktif, rekaman webinar, dan integrasi dengan platform lain, Zoom Webinar merupakan pilihan yang kuat untuk pertemuan online besar-besaran.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan